RoboguruRoboguru
SD

Sepasang suami istri memiliki anak pertama dengan golongan darah Rh+ sementara anak keduanya meninggal pada saat kelahiran. Dokter menyatakan hal ini terjadi karena si ibu menghasilkan antibodi yang dibentuk pada kelahiran pertama dan antibodi tersebut kemudian menyerang sel-sel darah anak kedua. Jika sang ayah bergenotip heterozigot dan sang ibu bergenotip homozigot resesif, maka pernyataan di bawah ini yang paling mungkin benar adalah….

Pertanyaan

Sepasang suami istri memiliki anak pertama dengan golongan darah Rh+ sementara anak keduanya meninggal pada saat kelahiran. Dokter menyatakan hal ini terjadi karena si ibu menghasilkan antibodi yang dibentuk pada kelahiran pertama dan antibodi tersebut kemudian menyerang sel-sel darah anak kedua. Jika sang ayah bergenotip heterozigot dan sang ibu bergenotip homozigot resesif, maka pernyataan di bawah ini yang paling mungkin benar adalah….

  1. Anak pertama mereka memiliki genotip homozigot dominan

  2. Kemungkinan anak ketiga mereka lahir letal adalah 50%

  3. Anak kedua mereka memiliki golongan darah Rh- sehingga tidak memiliki antibodi rhesus yang dapat melawan antibodi ibunya

  4. Sang ibu tidak memiliki alel yang dapat membentuk faktor rhesus pada permukaan sel darah merahnya

  5. Kemungkinan anak ketiga mereka memiliki genotip homozigot dominan adalah 25%

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ketika individu tersebut melahirkan anak pertama yang bergolongan darah Rh+ (terjadi kontak antara darah bayi dan ibunya), tubuh si ibu akan menghasilkan antibodi untuk melawan antigen pada sel-sel darah merah bayi Rh+nya. Jika si ibu tersebut mengandung anak kedua yang juga bergolongan darah Rh+, maka antibodi si ibu otomatis akan langsung menyerah darah anaknya sehingga menyebabkan kematian bayinya. Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa ibunya bergenotip begin mathsize 14px style straight I to the power of rh straight I to the power of rh end style , sementara ayahnya bergenotip begin mathsize 14px style straight I to the power of RH straight I to the power of rh end style . Sang ibu hanya akan menghasilkan gamet dengan alel resesif (begin mathsize 14px style straight I to the power of rh end style). Sementara ayahnya dapat menghasilkan gamet dengan alel begin mathsize 14px style straight I to the power of Rh space end exponent end style maupun begin mathsize 14px style straight I to the power of rh end style . Pernikahan keduanya akan menghasilkan dua kemungkinan yaitu fenotip Rh+ ( begin mathsize 14px style straight I to the power of Rh straight I to the power of rh end style ) dan fenotip Rh- ( begin mathsize 14px style straight I to the power of rh straight I to the power of rh end style ). Anak berfenotip Rh+ akan terlahir letal karena ibunya telah memiliki antibodi yang dapat menyerang darah anaknya sehingga jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Kondisi di atas terjadi karena perbedaan rhesus golongan darah antara ibu dan anaknya. Golongan darah Rh+ memiliki antigen (faktor rhesus) pada permukaan sel darah merahnya. Golongan darah Rh-, sebaliknya, tidak memiliki faktor rhesus pada permukaan sel darah merahnya. Oleh karena itu ketika individu tersebut melahirkan anak pertama yang bergolongan darah Rh+ (terjadi kontak antara darah bayi dan ibunya), tubuh si ibu akan menghasilkan antibodi untuk melawan antigen pada sel-sel darah merah bayi Rh+nya. Jika si ibu tersebut mengandung anak kedua yang juga bergolongan darah Rh+, maka antibodi si ibu otomatis akan langsung menyerah darah anaknya sehingga menyebabkan kematian bayinya. Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa ibunya bergenotip begin mathsize 14px style straight I to the power of rh straight I to the power of rh end style , sementara ayahnya bergenotip begin mathsize 14px style straight I to the power of RH straight I to the power of rh end style . Sang ibu hanya akan menghasilkan gamet dengan alel resesif (begin mathsize 14px style straight I to the power of rh end style). Sementara ayahnya dapat menghasilkan gamet dengan alel begin mathsize 14px style straight I to the power of Rh space end exponent end style maupun begin mathsize 14px style straight I to the power of rh end style . Pernikahan keduanya akan menghasilkan dua kemungkinan yaitu fenotip Rh+ ( begin mathsize 14px style straight I to the power of Rh straight I to the power of rh end style ) dan fenotip Rh- ( begin mathsize 14px style straight I to the power of rh straight I to the power of rh end style ). Anak berfenotip Rh+ akan terlahir letal karena ibunya telah memiliki antibodi yang dapat menyerang darah anaknya sehingga jawaban yang tepat adalah B.

591

2.0 (1 rating)

Carolina Gaudensia

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Hikmah baru saja melakukan tes golongan darah dan hasilnya didapat bahwa ia bergolongan darah A, Rh-. Jika adik perempuan Hikmah bergolongan darah B, Rh+ dan kakak laki-lakinya bergolongan darah O, Rh...

45

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia