Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu menikmati kenaikan laba cukup besar. Jika , bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan tahun 2010. Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Cathy Bank menurun sehingga melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi konsumen. Pendapatan pun turun, setidaknya beban usaha meningkat. Kata penghubung untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...

     Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu menikmati kenaikan laba cukup besar. Jika, bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan tahun 2010.
     Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Cathy Bank menurun sehingga melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi konsumen. Pendapatan pun turun, setidaknya beban usaha meningkat.
 
Kata penghubung untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
  1. namun, bahwa, karena
  2. bahkan, agar, sementara
  3. namun, karena, walaupun
  4. karena, walaupun, padahal
  5. namun, karena, sementara

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Dalam paragraf pertama, kalimat pertama, teks membahas bank-bank nasional yang mampu menikmati kenaikan laba. Kemudian,kalimat kedua membahas bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia. Perbedaan pembahasan ini dapat dianggap sebagai sebuah pertentangan. Ditambah lagi, kalimat kedua menggunakan diksi “malah” yang berarti “sebaliknya”. Kata “namun” tepat untuk menghubungkan dua kalimat tersebut. Sementara itu kata “karena” dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat. Dalam hal ini, melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI mengakibatkan Laba Catchy Bank menurun. Lebih lanjut lagi, kata “walaupun” juga dapat menunjukkan gagasan yang bertentangan. Dalam paragraf dua, kalima terakhir, pertentangan tersebut dapat dilihat dari pendapatan yang menurun dan beban usaha yang meningkat.Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Dalam paragraf pertama, kalimat pertama, teks membahas bank-bank nasional yang mampu menikmati kenaikan laba. Kemudian, kalimat kedua membahas bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia. Perbedaan pembahasan ini dapat dianggap sebagai sebuah pertentangan. Ditambah lagi, kalimat kedua menggunakan diksi “malah” yang berarti “sebaliknya”. Kata “namun” tepat untuk menghubungkan dua kalimat tersebut. Sementara itu kata “karena” dapat menunjukkan hubungan sebab-akibat. Dalam hal ini, melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI mengakibatkan Laba Catchy Bank menurun. Lebih lanjut lagi, kata “walaupun” juga dapat menunjukkan gagasan yang bertentangan. Dalam paragraf dua, kalima terakhir, pertentangan tersebut dapat dilihat dari pendapatan yang menurun dan beban usaha yang meningkat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bahasa merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia u ntuk sebagai alat komunikasi. "Penelitian membuktikan bahwa 75% waktu bangun kita berada dalam kegiatan komunikasi", demikian disam...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia