Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang tokoh organisasi Sarikat Islam di Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah...

Seorang tokoh organisasi Sarikat Islam di Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tokoh Sarekat Islam Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

tokoh Sarekat Islam Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Iklan

Pembahasan

Indische Partij (IP) merupakan salah satu organisasi yang berdiri pada era pergerakan nasional di Indonesia pada awal abad ke-20. Sejarah perjuangan perhimpunan berhaluan politik yang cukup keras ini digagas oleh Tiga Serangkai. Tiga Serangkai terdiri dari Ernest Douwes Dekker, Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara), dan Tjipto Mangoenkoesoemo. Mereka mendirikan Indische Partij di Bandung, Jawa Barat, tanggal 25 Desember 1912. Sarekat Islam (SI), yang mula-mula didirikan sebagai Sarekat Dagang Islam oleh Tirto Adisuryo dan Haji Samanhudi. Diperkirakan sekitar dua juta anggota Sarekat Islam di bawah pimpinan Tjokroaminoto tersebar di tiap-tiap penjuru wilayah Hindia Belanda. Tidak terkecuali di Bandung yang ketika itu jadi kota pergerakan. Pada 1912 Tjokroaminoto mengutus dua orang anggota dari Surabaya untuk menemui tiga orang tokoh di Bandung. Mereka adalah Suwardi Suryaningrat, Abdul Muis, dan A. Wignyadisastra. Suwardi Suryaningrat, yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, lantas memegang kendali sebagai ketua Sarekat Islam Bandung dengan Abdul Muis sebagai wakil ketua dan Wignyadisastra sebagai sekretarisnya. Dengan demikian, tokoh Sarekat Islam Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Indische Partij (IP) merupakan salah satu organisasi yang berdiri pada era pergerakan nasional di Indonesia pada awal abad ke-20. Sejarah perjuangan perhimpunan berhaluan politik yang cukup keras ini digagas oleh Tiga Serangkai. Tiga Serangkai terdiri dari Ernest Douwes Dekker, Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara), dan Tjipto Mangoenkoesoemo. Mereka mendirikan Indische Partij di Bandung, Jawa Barat, tanggal 25 Desember 1912.
Sarekat Islam (SI), yang mula-mula didirikan sebagai Sarekat Dagang Islam oleh Tirto Adisuryo dan Haji Samanhudi. Diperkirakan sekitar dua juta anggota Sarekat Islam di bawah pimpinan Tjokroaminoto tersebar di tiap-tiap penjuru wilayah Hindia Belanda. Tidak terkecuali di Bandung yang ketika itu jadi kota pergerakan. Pada 1912 Tjokroaminoto mengutus dua orang anggota dari Surabaya untuk menemui tiga orang tokoh di Bandung. Mereka adalah Suwardi Suryaningrat, Abdul Muis, dan A. Wignyadisastra. Suwardi Suryaningrat, yang kemudian dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, lantas memegang kendali sebagai ketua Sarekat Islam Bandung dengan Abdul Muis sebagai wakil ketua dan Wignyadisastra sebagai sekretarisnya.

Dengan demikian, tokoh Sarekat Islam Bandung yang mendukung berdirinya Indische Partij adalah Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Latihan Bab

Masa Pendudukan Jepang

Masa Pergerakan Nasional

Konsep Kilat

733

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kritik tajam yang pernah dilayangkan Indische Partij terhadap pemerintah kolonial Belanda pada masa pergerakan adalah ….

529

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia