Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang teller sebuah bank yang senantiasa berpakaian rapi menyambut nasabah dengan ramah, santun, bersikap formil, dan perkataan yang diatur. Tetapi, saat istirahat siang, sang teller bisa bersikap lebih santai danbersenda gurau dengan bahasa gaul bersama teman-temannya. Perbedaan sikap yang dilakukan oleh teller tersebut sesuai dengan teori dari seorang tokoh bernama Erving Goffman, yaitu ….

Seorang teller sebuah bank yang senantiasa berpakaian rapi menyambut nasabah dengan ramah, santun, bersikap formil, dan perkataan yang diatur. Tetapi, saat istirahat siang, sang teller bisa bersikap lebih santai dan bersenda gurau dengan bahasa gaul bersama teman-temannya. Perbedaan sikap yang dilakukan oleh teller tersebut sesuai dengan teori dari seorang tokoh bernama Erving Goffman, yaitu ….undefined 

  1. teori interaksionalisme simbolikundefined 

  2. konsep mind and selfundefined 

  3. tahap perkembanganundefined 

  4. tahap tindakanundefined 

  5. teori dramaturgiundefined 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Iklan

Pembahasan

Dramaturgi menjelaskan bahwa kehidupan sosial itu seperti pertunjukan drama pentas atau film. Maksudnya adalah peran yang dijalankan seseorang seperti jalan cerita yang telah dibuat oleh orang lain yang menentukan jalan cerita tersebut. “Panggung Sandiwara” adalah tempat dilakukannya representasi diri oleh aktor yang berhadapan langsung dengan publik dan harus memainkan peran sosial tertentu panggung itu juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu area panggung depan ( front stage ) dan area panggung belakang ( back stage ). Panggung depan adalah area bagi para aktor untuk beraksi yang dapat kita lihat, sedangkan panggung belakang adalah area bagi para aktor untuk beristirahat, tempat untuk mempersiapkan pertunjukan mereka yang tidak bisa dilihat, atau tempat untuk meninggalkan peran yang biasa ditunjukkan. Contohnya adalah saat seorang teller menyambut nasabah, merupakan saat front stage baginya (saat pertunjukan). Tanggung jawabnya adalah menyambut nasabah dan memberikan pelayanan kepada nasabah tersebut. Oleh karenanya, perilaku sang teller juga adalah perilaku yang sudah digariskan skenarionya oleh pihak manajemen . Saat istirahat makan siang, teller bebas untuk mempersiapkan dirinya menuju babak ke dua dari pertunjukan tersebut. Oleh sebab itu, skenario yang disiapkan oleh manajemen adalah bagaimana sang teller tersebut dapat refresh untuk menjalankan perannya di babak selanjutnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Dramaturgi menjelaskan bahwa kehidupan sosial itu seperti pertunjukan drama pentas atau film. Maksudnya adalah peran yang dijalankan seseorang seperti jalan cerita yang telah dibuat oleh orang lain yang menentukan jalan cerita tersebut. “Panggung Sandiwara” adalah tempat dilakukannya representasi diri oleh aktor yang berhadapan langsung dengan publik dan harus memainkan peran sosial tertentu panggung itu juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu area panggung depan (front stage) dan area panggung belakang (back stage). Panggung depan adalah area bagi para aktor untuk beraksi yang dapat kita lihat, sedangkan panggung belakang adalah area bagi para aktor untuk beristirahat, tempat untuk mempersiapkan pertunjukan mereka yang tidak bisa dilihat, atau tempat untuk meninggalkan peran yang biasa ditunjukkan.

Contohnya adalah saat seorang teller menyambut nasabah, merupakan saat front stage baginya (saat pertunjukan). Tanggung jawabnya adalah menyambut nasabah dan memberikan pelayanan kepada nasabah tersebut. Oleh karenanya, perilaku sang teller juga adalah perilaku yang sudah digariskan skenarionya oleh pihak manajemen. Saat istirahat makan siang, teller bebas untuk mempersiapkan dirinya menuju babak ke dua dari pertunjukan tersebut. Oleh sebab itu, skenario yang disiapkan oleh manajemen adalah bagaimana sang teller tersebut dapat refresh untuk menjalankan perannya di babak selanjutnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Konsep Kilat Interaksi Sosial (NEW!)

Bedah Tipe Soal Interaksi Sosial (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

81

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegiatan belajar oleh siswa di sekolah menurut Goffman dapat dijadikan contoh Analogi Dramaturgi. Goffman juga memecah jika dramaturgi diubah kedalam 2 kelompok yaitu front stage & back stage . Ma...

75

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia