Roboguru

Seorang siswa merancang sebuah saklar alarm dengan menggunakan bimetal yang akan menghidupkan alarm ketika terjadi kebakaran. Bimetal tersusun dari logam P dan logam Q. Supaya alarm berbunyi saat terjadi kebakaran, syarat yang harus dipenuhi oleh logam P dan Q adalah ...

Pertanyaan

Seorang siswa merancang sebuah saklar alarm dengan menggunakan bimetal yang akan menghidupkan alarm ketika terjadi kebakaran.

Bimetal tersusun dari logam P dan logam Q. Supaya alarm berbunyi saat terjadi kebakaran, syarat yang harus dipenuhi oleh logam P dan Q adalah ...

  1. kapsitas panas logam Q lebih besar dibandingkan kapasitas panas logam Pspace 

  2. koefisien muai panjang logam P lebih besar dari koefisien muai panjang logam Qspace 

  3. koefisien muai panjang logam Q lebih besar dari koefisien muai panjang logam Pspace 

  4. kalor jenis logam P lebih besar dibandingkan kalor jenis logam Qspace 

Pembahasan Soal:

Bimetal adalah gabungan dari dua logam yang memiliki koefisien muai panjang yang berbeda. Saat dipanaskan bimetal akan melengkung ke arah bimetal yang memiliki koefisien muai panjang lebih kecil.

Pada gambar rancangan alarm tersebut, agar alarm berbunyi saat kebakaran, maka bimetal harus melengkung ke arah logam Q. Maka koefisien muai panjang P harus lebih besar dari koefisien logam Q.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Haq

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Akankah sebuah keping bimetal berfungsi jika kedua keping logam yang berbeda jenis memiliki muai panjang yang sama? Apakah penting agar kedua logam berbeda koefisien muainya? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Bimetal adalah dua keping logam yang disatukan dengan cara dikeling dan memiliki muai panjang yang berbeda.

Kedua logam pada keping bimetal penting untuk dibuat berbeda agar saat keping dipanaskan dan memuai, kedua logam akan mengalami perubahan panjang yang berbeda sehingga keping bimetal akan melengkung ke salah satu sisi dan dimanfaatkan sebagai saklar otomatis dan pengatur suhu.

Apabila kedua logam pada keping bimetal memiliki koefisien muai panjang yang sama maka perubahan panjang kedua logam juga tetap sama sehingga tidak didapatkan lengkungan yang diinginkan.

Dengan demikian, jika kedua logam pada keping bimetal memiliki koefisien muai panjang yang sama, maka bimetal tidak akan berfungsi dengan semestinya.space 

0

Roboguru

Dua keping identik, yaitu satu dibuat dari tembaga dan lainnya dari baja, dikeling menjadi satu membentuk keping bimetal. Pada pemanasaan keping bimetal akan ...

Pembahasan Soal:

Jawab :

Pemuaian pada zat padat.

Tembaga dan baja memiliki nilai koefisien muai panjang yang berbeda. Nilai koefisien muai panjang tembaga lebih besar dari nilai koefisien muai panjang baja. Ketika dipanaskan pertambahan panjang tembaga lebih besar dari pertambahan panjang baja.Karena tembaga lebih panjang dari dari baja, keping bimetal ini akan melengkung dimana logam yang lebih panjang akan berada di sisi luar dan logam yang lebih pendek akan berada di sisi dalam. 

Jadi pada pemanasan keping bimetal akan melengkung dengan baja pada sisi dalam. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan pemuaian di dalam kehidupan sehari-hari kecuali adalah ...

Pembahasan Soal:

Pemuaian adalah pertambahan ukuran karena molekul-molekul yang semakin menjauh. Biasanya terjadi saat benda dipanaskan.undefined 

Contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari yaitu pengelingan (penyambungan dua plat logam), pemasangan kaca jendela yang diberi tempat celah pada bingkainya, pemasangan rel kereta api, serta tutup botol yang menjadi susah dibuka.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

 

0

Roboguru

Pada suhu ruang, koefisien muai panjang untuk kaca pyrex adalah ... daripada kaca biasa.

Pembahasan Soal:

Koefisien muai panjang adalah perbandingan pertambahan panjang terhadap perubahan kenaikan suhu dan panjang mula-mula suatu benda. Koefisien muai panjang menunjukkan seberapa besar pertambahan panjang suatu benda ketika mengalami kenaikan suhu.

Pada suhu ruang, kaca biasa memiliki koefisien muai panjang sebesar 9 cross times 10 to the power of negative 6 end exponent/oC dan kaca pyrex sebesar 3 cross times 10 to the power of negative 6 end exponent/oC. Jadi diketahui bahwa koefisien muai panjang kaca pyrex lebih kecil daripada kaca biasa.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan tabel koefisien muai logam dan gambar bimetal yang telah dipanaskan berikut: Pemuaian logam bimetal yang benar adalah gambar...

Pembahasan Soal:

Pemuaian suatu metal dipengaruhi oleh koefisien muainya. Semakin besar koefisien muainya, maka pemuaiannya akan lebih panjang. Untuk kasus lengkung bimetal, terjadi karena perbedaan koefisien muai. Metal yang memiliki koefisien muai lebih besar akan melengkung ke dalam (ke metal dengan koefisien lebih kecil).

Jadi, pemuaian logam bimetal yang benar adalah gambar adalah (1) dan (3). (A)undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved