Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang siswa menarik sebatang balok dengan tali sehingga menghasilkan gaya horizontal 8 N dan gaya vertikal 6 N seperti ditunjukkan oleh gambar. Gaya tersebut menjadikan balok bergerak dengan kelajuan konstan dan berpindah sejauh 4 m.Berapakah usaha total pada balok?

Seorang siswa menarik sebatang balok dengan tali sehingga menghasilkan gaya horizontal 8 N dan gaya vertikal 6 N seperti ditunjukkan oleh gambar.

Gaya tersebut menjadikan balok bergerak dengan kelajuan konstan dan berpindah sejauh 4 m. Berapakah usaha total pada balok? space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah 0 J

jawaban yang tepat adalah 0 J

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Diketahui: F x ​ F y ​ v s ​ = = = = ​ 8 N 6 N k o n s tan 4 meter ​ Ditanya: W t o t a l ​ = ... ? Jawab: Dalam fisika, usaha total yang dialami oleh suatu benda adalah besarnya resultan gaya ( Σ F ) yang bekerja pada suatu benda sehingga benda berpindah posisi ( s ).Secara matematis, besarnya usaha tersebut dirumuskan sebagai berikut: W t o t a l ​ = Σ F ⋅ s pada soal itu dikatakan bahwa balok tersebut bergerak dengan kelajuan konstan. Sedangkan menurut hukum 1 Newton, jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda tersebut diam atau bergerak dengan kelajuan konstan. Oleh karena itu, karena balok pada soal ini bergerak dengan kelajuan konstan, maka resultan gaya yang bekerja pada balok tersebut sama dengan nol. Hukum1Newton: Σ F = 0 Sehingga, usaha total pada balok adalah: W = Σ F ⋅ s W = 0 ⋅ s W = 0 Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah 0 J

Diketahui:

Ditanya:

Jawab:

Dalam fisika, usaha total yang dialami oleh suatu benda adalah besarnya resultan gaya () yang bekerja pada suatu benda sehingga benda berpindah posisi (s). Secara matematis, besarnya usaha tersebut dirumuskan sebagai berikut:

 

pada soal itu dikatakan bahwa balok tersebut bergerak dengan kelajuan konstan. Sedangkan menurut hukum 1 Newton, jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda tersebut diam atau bergerak dengan kelajuan konstan. Oleh karena itu, karena balok pada soal ini bergerak dengan kelajuan konstan, maka resultan gaya yang bekerja pada balok tersebut sama dengan nol.

 

Sehingga, usaha total pada balok adalah:
  

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah 0 J

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut. Usaha yang dilakukan mobil untukberhenti adalah ...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia