Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang siswa melakukan percobaan pada 3 buah apel yang masing-masing sudah dibelah menjadi empat bagian. Apel pertama tidak diberi apa-apa, apel kedua diberi air, dan apel ketiga diberi air jeruk. Kemudian apel dibiarkan selama 30 menit. Perubahan yang terjadi adalah apel pertama berwarna paling coklat dan apel ketiga berwarna paling cerah dan kelihatan masih segar. Jelaskan pendapat kalian tentang fenomena tersebut!

Seorang siswa melakukan percobaan pada 3 buah apel yang masing-masing sudah dibelah menjadi empat bagian. Apel pertama tidak diberi apa-apa, apel kedua diberi air, dan apel ketiga diberi air jeruk. Kemudian apel dibiarkan selama 30 menit. Perubahan yang terjadi adalah apel pertama berwarna paling coklat dan apel ketiga berwarna paling cerah dan kelihatan masih segar. Jelaskan pendapat kalian tentang fenomena tersebut!space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

adanya perubahan warna pada apel diakibatkan oleh reaksi oksidasi apel buah dengan oksigen di udara dan dapat dihambat dengan air asam atau rendam pada air agar tidak kontak langsung dengan udara luar.

adanya perubahan warna pada apel diakibatkan oleh reaksi oksidasi apel buah dengan oksigen di udara dan dapat dihambat dengan air asam atau rendam pada air agar tidak kontak langsung dengan udara luar.

Iklan

Pembahasan

Pada kasus di atas, dapat diketahui terjadi 3 percobaan pada buahapel yang sudah dipotong, yaitu: 1. Potongan apel yang didiamkan 30 menit Potongan apel yang didiamkan akan berwarna kecoklatan. Pada buah apel terdapat enzim khusus (enzim polifenol oksidase atau tirosinase yang apabila terkena oksigen akan menghasilkan senyawa fenolik dalam jaringan apel berubah menjadi orto-kuinon atau o -kuinon. O -kuinon tidak memiliki warna dan dapatmemberikan perlindungan terhadap bakteri dan jamur karena membentuk antiseptikalami, senyawa ini dapat bereaksi dengan asam amino dan oksigen untuk menghasilkan zat warna (pigmen)melanin. Melanin inilah yang menyebabkan buah apel teroksidasi sehingga warnanya menjadu coklat. 2. Potongan apel diberi air,didiamkan 30 menit Jika potongan buah apel diletakkan dalam air dan didiamkan 30 menit maka akan terjadi perubahan warna tetapi sedikit dan tidak secoklat pada percobaan pertama, hal ini dikarenakan potongan apel yang direndam air tidak melakukan kontak langsung dengan udara sehingga akan memperlambat reaksi oksidasi pada buah apel. 3. Potongan apel diberi air jeruk, didiamkan 30 menit Air jeruk bersifat asam dan senyawa asam akan menghambat oksidasi pada buah apel karena air jeruk akan menghentikan reaksi oksidasi polifenol dari reaksi dengan gas oksigen ( O 2 ​ ) karena senyawa asam yang terkandung di dalamnya, sehingga pada percobaa yang ketiga siswa tersebut potongan buah apel terlihat masih segar. Jadi, adanya perubahan warna pada apel diakibatkan oleh reaksi oksidasi apel buah dengan oksigen di udara dan dapat dihambat dengan air asam atau rendam pada air agar tidak kontak langsung dengan udara luar.

Pada kasus di atas, dapat diketahui terjadi 3 percobaan pada buah apel yang sudah dipotong, yaitu:

1. Potongan apel yang didiamkan  30 menit

Potongan apel yang didiamkan akan berwarna kecoklatan. Pada buah apel terdapat enzim khusus (enzim polifenol oksidase atau tirosinase yang apabila terkena oksigen akan menghasilkan senyawa fenolik dalam jaringan apel berubah menjadi orto-kuinon atau o-kuinon. O-kuinon tidak memiliki warna dan dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri dan jamur karena membentuk antiseptik alami, senyawa ini dapat bereaksi dengan asam amino dan oksigen untuk menghasilkan zat warna (pigmen) melanin. Melanin inilah yang menyebabkan buah apel teroksidasi sehingga warnanya menjadu coklat.

2. Potongan apel diberi air, didiamkan  30 menit

Jika potongan buah apel diletakkan dalam air dan didiamkan 30 menit maka akan terjadi perubahan warna tetapi sedikit dan tidak secoklat pada percobaan pertama, hal ini dikarenakan potongan apel yang direndam air tidak melakukan kontak langsung dengan udara sehingga akan memperlambat reaksi oksidasi pada buah apel.

3. Potongan apel diberi air jeruk, didiamkan 30 menit

Air jeruk bersifat asam dan senyawa asam akan menghambat oksidasi pada buah apel karena air jeruk akan menghentikan reaksi oksidasi polifenol dari reaksi dengan gas oksigen  karena senyawa asam yang terkandung di dalamnya, sehingga pada percobaa yang ketiga siswa tersebut potongan buah apel terlihat masih segar.

Jadi, adanya perubahan warna pada apel diakibatkan oleh reaksi oksidasi apel buah dengan oksigen di udara dan dapat dihambat dengan air asam atau rendam pada air agar tidak kontak langsung dengan udara luar.

Latihan Bab

Pendahuluan Redoks

Konsep Redoks Melibatkan Oksigen

Konsep Redoks Melibatkan Hidrogen

Konsep Redoks Melibatkan Elektron

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa korosi pada logam aluminium tidak berkelanjutan?

754

3.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia