Roboguru

Seorang siswa akan membuat larutan natrium hidroks...

Seorang siswa akan membuat larutan natrium hidroksida (NaOH) sebanyak 100 mL 0,2 M dari NaOH padat. Alat yang digunakan diantaranya timbangan, labu ukur, gelas kimia, pengaduk, dan corong. Bahan yang digunakan selain NaOH padat adalah aquades. Natrium hidroksida zat bersifat higroskopis dan merupakan zat yang dapat merusak jaringan hidup bila bersentuhan. Pada botol natrium hidroksida terdapat label yang bersimbol

 

Berdasarkan wacana tersebut makna dari simbol dan prosedur pembuatan natrium hidroksida yang harus dilakukan adalah . . . .

  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

Jawaban:

Simbol di atas menunjukkan bahwa senyawa yang dimaksud bersifat korosif. Korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif. Korosif dapat menyebabkan kerusakan pada mata, kulit, sistem pernapasan, dan banyak lagi. Contoh bahan kimia yang bersifat korosif antara lain asam sulfat, asam astetat, asam klorida dan lain-lain.

Adapun prosedur pembuatan natrium hidroksida adalah timbang natrium hidroksidsa pada sesuai perhitungan, masukkan ke dalam gelas kimia. Tambhakan aquades sebanyak 50 mL lalu aduk. Tuang larutan tersebut ke dalam labu ukur, tambahkan aquades hingga 100 mL.

Berdasarkan uraian di atas, jawaban yang tepat adalah C

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved