Roboguru

Pertanyaan

Seorang sekertaris mendapatkan perintah dari manager untuk memberikan data palsu tentang kepemilikan aset perusahaan guna menekan pengeluaran dan menghindari pajak-pajak yang berlebihan. Disisi lain seorang kepala dinas pendidikan melakukan korupsi dana BOS untuk memperkaya dirinya sendiri. Berdasarkan ilustrasi tersebut perbedaan antara kejahatan korporasi dengan kerah putih dari motivasinya adalah.... .

  1. Kejahatan korporasi dilakukan untuk memperoleh keuntungan bersama bagi perusahaan sedangkan kerah putih bermotif keuntungan pribadi.

  2. Kejahatan korporasi melanggar hukum pidana dan perdata sedangkan kerah putih melanggar hukum pidana

  3. Kejahatan korporasi dilakukan secara terorganisir sedangkan kejahatan kerah putih dilakukan nonorganisir 

  4. Kejahatan korporasi mempunyai dampak dalam semua bidang sedangkan kejahatan kerah putih dampaknya bagi diri sendiri

  5. Kejahatan korporasi bisa dilakukan dari berbagai jabatan sedangkan kerah putih dilakukan orang yang tinggi jabatannya.

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawabannya A.

Pembahasan

Kejahatan korporasi dan kerah putih memang terlihat sama karena identik dengan suatu jabatan tertentu, akan tetapi memiliki beberapa poin perbedaan. Salah satunya adalah dilihat dari motivasinya, kejahatan korporasi dilakukan untuk memperoleh keuntungan bersama bagi perusahaan secara umum, sedangkan kerah putih bermotif keuntungan pribadi saja. Kemudian jika dilihat dari jenis hukum yang dilanggar, kejahatan korporasi bisa melanggar hukum pidana, perdata dan administrasi. Sedangkan kerah putih melanggar hukum pidana. Jadi jawabannya A.

1

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Property offensus Crime without victim Kejahatan ITE Organized crime Kejahatan Korporat   Berdasarkan pernyataan diatas yang termasuk klasifikasi tindakan ...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia