Roboguru

Seorang remaja putri bergaya mirip dengan gitaris sebuah band. Mulai dari gaya berpakaian, gaya rambut, sepatu, gaya hidup, bahkan sampai keribadiannya. lnteraksi sosial yang dilakukan remaja tersebut didorong oleh faktor....

Pertanyaan

Seorang remaja putri bergaya mirip dengan gitaris sebuah band. Mulai dari gaya berpakaian, gaya rambut, sepatu, gaya hidup, bahkan sampai keribadiannya. lnteraksi sosial yang dilakukan remaja tersebut didorong oleh faktor.... 

  1. simpati 

  2. empati 

  3. motivasi 

  4. imitasi 

  5. identifikasi 

Pembahasan Soal:

    Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial terwujud dalam aksi dan reaksi. Interaksi sosial tidak terjadi begitu saja, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai dasar timbulnya interaksi sosial. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendasari terjadinya interaksi sosial:

  1. Imitasi. Imitasi adalah suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain. Contoh: seorang pria mengikuti gaya model rambut sekarang.
  2. Identifikasi. Identifikasi adalah suatu dorongan untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain. Proses identifikasi memerlukan suatu figur yang ideal bagi pelakunya. Contoh: seorang pria yang secara keseluruhan menyerupai sosok idola Rhoma Irama dari mulai penampilan fisik sampai dengan perilakunya.
  3. Sugesti. Sugesti adalah suatu pendapat, pandangan, dan sikap yang diberikan pada orang lain dan diterima oleh pihak lain sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut. Contoh: pasien tersugesti oleh dokter.
  4. Simpati. Merupakan rasa tertarik pada orang lain yang seolah-olah berada dalam keadaan orang lain yang dapat memunculkan perasaan emosional tertentu (sedih, senang). Contoh: seseorang tertarik terhadap lawan jenis. 
  5. Empati. Adalah kepeduliaan terhadap orang lain atau kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata. Contoh: seorang pelajar menolong temannya yang sedang tertimpa musibah.

Jadi, seorang remaja putri bergaya mirip dengan gitaris sebuah band, mulai dari gaya berpakaian, gaya rambut, sepatu, gaya hidup, bahkan sampai keribadiannya, merupakan dorongan dari identifikasi atau opsi E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Iqbal sangat menyukai Jaemin, salah satu member boyband idola asal Korea Selatan yaitu NCT. Iqbal selalu menganggap bahwa dirinya mirip dengan idolanya tersebut. Dia bahkan berusaha melakukan perubaha...

Pembahasan Soal:

Hal yang dilakukan oleh Iqbal merupakan interaksi yang dipengaruhi oleh faktor identifikasi. Faktor ini merupakan tindakan seseorang yang memiliki kecenderungan atau keinginan untuk menjadi sama atau identik dengan pihak lain secara keseluruhan. Dalam identifikasi, ada kecenderungan seseorang untuk mengidentikkan dirinya dengan orang lain yang ia idolakan. Orang yang melakukan identifikasi selalu merasa menjadi orang yang ia kagumi. Proses identifikasi ini berlangsung secara sadar maupun tidak sadar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space 

Roboguru

Jihan seorang anak renaja yang sangat mengidolakan group band dari Korea yaitu Black Pink. Ia suka semua pernak pernik yang dipakai oleh group ini, bahkan dia berusaha meniru persis tingkah laku dari ...

Pembahasan Soal:

Interaksi sosial di masyarakat merupakan proses yang cukup kompleks yang dilandasi oleh beberapa faktor salah satunya identifikasi. Identifikasi merupakan keinginan atau kecenderungan seseorang untuk meniru orang lain secara keseluruhan atau menjadi sama persis dengan orang yang ditiru. Proses identifikasi berlangsung secara sengaja maupun tidak sengaja. Meskipun proses identifikasi berlangsung secara tidak sengaja, seseorang yang melakukan identifikasi benar-benar mengenal orang yang ia tiru baik sikap maupun pandangannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. space

Roboguru

Jika seseorang menjadikan dirinya sebagai orang lain atau menjadi sama dengan tokoh idolanya, maka proses di atas dinamakan . . . .

Pembahasan Soal:

Interaksi sosial adalah hubungan dan pengaruh timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Selain membutuhkan orang lain, manusia melakukan interaksi terdorong adanya faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor tersebut antara lain sugesti, imitasi, simpati, identifikasi, motivasi, dan empati. Pada proses identifikasi berawal dari rasa kekaguman seseorang kepada tokoh idolanya. Namun, lambat laun kekaguman tersebut mendorong seseorang untuk menjadikan dirinya sama atau identikdengan tokoh tersebut. Dalam proses ini seseorang tidak sekadar meniru gaya hidup, tingkah laku ataupun perbuatan sang idolanya.undefined  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Gadis itu memiliki kepribadian dan perilaku seperti ibunya yang lemah lembut. Penyanyi pria itu melantunkan lagu dengan suara dan gaya seperti idolanya. Anak peremp...

Pembahasan Soal:

Pada soal diatas terdapat lima ilustrasi yang menunjukkan adanya suatu proses identifikasi seseorang yang dilakukan dengan meniru sikap, perilaku, dan gaya hidup orang lain. Poin pertanyaannya berkaitan dengan alasan mengapa kelima ilustrasi diatas dapat dikatakan sebagai proses identifikasi dalam interaksi sosial.

Identifikasi merupakan salah satu faktor pendorong interaksi sosial. Identifikasi adalah keinginan atau kecenderungan seseorang untuk meniru secara keseluruhan hingga menjadi sama persis atau identik dengan pihak yang ditiru. Identifikasi memiliki sifat mendalam dibandingkan imitasi karena dapat membentuk kepribadian seseorang. Seseorang melakukan proses identifikasi karena memerlukan tipe ideal tertentu dalam kehidupannya.
Proses identifikasi dapat terjadi secara sengaja maupun secara tidak sengaja. Meskipun proses identifikasi dilakukan secara tidak sengaja, orang yang melakukan tindakan identifikasi benar-benar mengenal orang yang diindentifikasi sehingga sikap atau pandangannya akan benar-benar dihayati.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. undefined

Roboguru

Beberapa remaja berusaha untuk tampil sama persis dengan tokoh yang dikagumi. Dalam proses interaksi  sosial interaksi sosial tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor ....

Pembahasan Soal:

Identifikasi, yaitu kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menyamakan dirinya dengan pihak lain. Fenomena identifikasi dapat diperhatikan pada perilaku para pemuda yang meniru-niru bintang idolanya.Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved