Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang peternak ayam memiliki ayam jantan Creeper dengan karakteristik tubuh normal dan kaki pendek. Ayam dari sini dapat merugikan peternak karena menghasilkan keturunan yang letal. Persilangan yang tepat agar peternak ayam tidak merugi adalah menyenangkan ayam jantan Creeper dengan ayam betina....

Seorang peternak ayam memiliki ayam jantan Creeper dengan karakteristik tubuh normal dan kaki pendek. Ayam dari sini dapat merugikan peternak karena menghasilkan keturunan yang letal. Persilangan yang tepat agar peternak ayam tidak merugi adalah menyenangkan ayam jantan Creeper dengan ayam betina....

  1. bersifat creeperundefined 

  2. bergenotipe CCundefined 

  3. bergenotipe Ccundefined 

  4. bergenotipe ccundefined 

  5. bergenotipe ZWundefined 

Iklan

J. Susanto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Kasus ini adalah sebuah contoh dari keberadaan gen letal dan cara mengaplikasikan pengetahuan mengenai gen ini, sebelumnya perlu diingat kembali penjelasan mengenai gen letal ini. gen letal adalah sebuah gen yang mengatursifat tertentu dalam suatu makhluk hidup, namun dalam kondisi homozigot resesif atau dominan (bergantung kasus)akan menyebabkan kematian, Kasus gen letal dapat ditemukan dalam berbagai makhluk hidup. Ayam creeper adalah salah satu kasus dari gen letal, dengan simbol huruf C. Genletal dalam kasus ini bersifat dominan, sehingga dalam kondisi homozigot dominan akan bersifat letal, kondisi heterozigot akan menghasilkan ayam creeper dan homozigot resesif akan didapatkan ayam normal.Ciri-ciri ayam yang memiliki gen creeper adalah berkaki pendek dengan tubuh yang normal. Soal menyebutkan seorang peternak memiliki ayam dengan karakteristik creeper, maka melalui penjelasan yang diberikan sebelumnya, dapat disimpulkan ayam ini memiliki genotipe Cc. Selanjutnya, pertanyaan yang diajukan adalah persilangan yang tepat agar peternak ayam tidak merugi, sehingga yang diperlukan adalah mencari genotipe apa yang harus dimiliki ayam betina agar dapat dihasilkan peluang paling sedikit ayam letal dalam keturunan selanjutnya. Jalan untuk mendapatkan hasil terbaik, adalah dengan melakukan simulasi penyilangan gamet dari ayam jantan creeper dan ayam betina dengan berbagai gamet. Kemungkinan dari genotipe ayam betina adalah cc, Cc, dan CC.Tabel dibawah akan menunjukkan hasil persilangan dengan menggunakan ayam betina bergenotipe cc (ayam betina normal), hasilnya adalah 50% creeper dan 50% normal, karena tidak ada peluang keturunan ayam letal, maka ini kemungkinan jawaban terbaik, untuk memastikan kita lanjutkan dengan melakukan simulasi persilangan dengan ayam betina bergenotipe lainnya, Gamet C c c Cc cc c Cc cc Genotipe ayam betina lainnya adalahCc (ayam betina creeper ), tetapi ini bukan jawaban yang tepat karena hasil keturunan yang akan didapatkan kemudian adalah 25% letal, 50% creeper dan 25% normal. Penjelasan mengenai hasil ini dapat dilihat dari tabel selanjutnya. Gamet C c C CC Cc c Cc cc Terakhir, ayam betina dengan genotipe CC tidak mungkin disilangkan karena ayam ini tidak akan bisa bertahan hidup. Berdasarkan hasil simulasi untuk ketiga jenis genotipe, dapat disimpulkan persilangan ayam jantan creeper (Cc) denganayam betina bergenotipe cc akan menghasilkan peluang keturunan terbaik untuk peternak (0% letal). Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Kasus ini adalah sebuah contoh dari keberadaan gen letal dan cara mengaplikasikan pengetahuan mengenai gen ini, sebelumnya perlu diingat kembali penjelasan mengenai gen letal ini. gen letal adalah sebuah gen yang mengatur sifat tertentu dalam suatu makhluk hidup, namun dalam kondisi homozigot resesif atau dominan (bergantung kasus) akan menyebabkan kematian, Kasus gen letal dapat ditemukan dalam berbagai makhluk hidup.

Ayam creeper adalah salah satu kasus dari gen letal, dengan simbol huruf C. Gen letal dalam kasus ini bersifat dominan, sehingga dalam kondisi homozigot dominan akan bersifat letal, kondisi heterozigot akan menghasilkan ayam creeper dan homozigot resesif akan didapatkan ayam normal. Ciri-ciri ayam yang memiliki gen creeper adalah berkaki pendek dengan tubuh yang normal. 

Soal menyebutkan seorang peternak memiliki ayam dengan karakteristik creeper, maka melalui penjelasan yang diberikan sebelumnya, dapat disimpulkan ayam ini memiliki genotipe Cc. Selanjutnya, pertanyaan yang diajukan adalah persilangan yang tepat agar peternak ayam tidak merugi, sehingga yang diperlukan adalah mencari genotipe apa yang harus dimiliki ayam betina agar dapat dihasilkan peluang paling sedikit ayam letal dalam keturunan selanjutnya. Jalan untuk mendapatkan hasil terbaik, adalah dengan melakukan simulasi penyilangan gamet dari ayam jantan creeper dan ayam betina dengan berbagai gamet. Kemungkinan dari genotipe ayam betina adalah cc, Cc, dan CC. Tabel dibawah akan menunjukkan hasil persilangan dengan menggunakan ayam betina bergenotipe cc (ayam betina normal), hasilnya adalah 50% creeper dan 50% normal, karena tidak ada peluang keturunan ayam letal, maka ini kemungkinan jawaban terbaik, untuk memastikan kita lanjutkan dengan melakukan simulasi persilangan dengan ayam betina bergenotipe lainnya,

Gamet C c
c Cc cc
c Cc cc

Genotipe ayam betina lainnya adalah Cc (ayam betina creeper), tetapi ini bukan jawaban yang tepat karena hasil keturunan yang akan didapatkan kemudian adalah 25% letal, 50% creeper dan 25% normal. Penjelasan mengenai hasil ini dapat dilihat dari tabel selanjutnya.

Gamet C c
C CC Cc
c Cc cc

Terakhir, ayam betina dengan genotipe CC tidak mungkin disilangkan karena ayam ini tidak akan bisa bertahan hidup. Berdasarkan hasil simulasi untuk ketiga jenis genotipe, dapat disimpulkan persilangan ayam jantan creeper (Cc) dengan ayam betina bergenotipe cc akan menghasilkan peluang keturunan terbaik untuk peternak (0% letal). 

Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Overview Pola-pola Hereditas

Gen dan Kromosom dalam Hereditas

Pewarisan Sifat pada Gen Bebas (HK. Mendel I dan II)

Pewarisan Sifat pada Gen Berpautan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah perbandingan keturunannya, jika ayam redep jantan dikawinkan dengan ayam betina normal?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia