Roboguru

Seorang peserta didik mempunyai dua buah tanaman bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinesis) yang mempunyai umur dan kondisi hampir sama. Peserta didik tersebut menambahkan amonium hidroksida () pada tanaman I. Sementara tanaman II tidak diberi tambahan apa pun. Namun, kedua tanaman bunga sepatu diberi perlakuan yang sama dalam hal penyiraman. Kondisi tanaman setelah beberapa minggu adalah . . . .

Pertanyaan

Seorang peserta didik mempunyai dua buah tanaman bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinesis) yang mempunyai umur dan kondisi hampir sama. Peserta didik tersebut menambahkan amonium hidroksida (N H subscript 4 O H) pada tanaman I. Sementara tanaman II tidak diberi tambahan apa pun. Namun, kedua tanaman bunga sepatu diberi perlakuan yang sama dalam hal penyiraman. Kondisi tanaman setelah beberapa minggu adalah . . . .

  1. tanaman I dan tanaman II sama-sama subur

  2. tanaman I daunnya terlihat lebih hijau

  3. tanaman II mengalami klorosis

  4. tanaman II berumur pendek

  5. tanaman I berumur pendek

Pembahasan Soal:

Amonium hidroksida memiliki unsur nitrogen didalamnya. Nitrogen merupakan unsur hara makro, dan mutlak dibutuhkan oleh tanaman. Merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman secara keseluruhan, khususnya pertumbuhan akar, batang dan daun. Berperan dalam pembentukan zat hijau daun (klorofil) yang sangat penting untuk melakukan proses fotosintesis. Sehingga pada tanaman I daunnya terlihat lebih hijau karena unsur nitrogen terpenuhi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved