Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan cara tersebut adalah ....

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan cara tersebut adalah ....

  1. rumpun

  2. wilayah

  3. bertujuan

  4. berstrata

  5. acak sederhana

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya . Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata (pilihan jawaban D). Adapun teknik pengambilan sampel lainnya, sebagai berikut: Teknik pengambilan sampelwilayah atau area adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. Teknik pengambilan sampel secara acak ( random ) adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen. Teknik pengambilan sampelkelompok (rumpun) adalah pengambilan anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok. Teknik pengambilan sampel bertujuan ( purposive ) adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau karakteristiktertentu. Misalnya akan melakukan penelitian tentang kualitas makanan, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli makanan, atau penelitian tentang kondisi politik di suatu daerah, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli politik.

Seorang peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel ini disebut dengan teknik pengambilan sampel berstrata (pilihan jawaban D).

Adapun teknik pengambilan sampel lainnya, sebagai berikut:

  • Teknik pengambilan sampel wilayah atau area adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.
  • Teknik pengambilan sampel secara acak (random) adalah teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik ini sangat cocok untuk populasi yang homogen.
  • Teknik pengambilan sampel kelompok (rumpun) adalah pengambilan anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok.
  • Teknik pengambilan sampel bertujuan (purposiveadalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau karakteristik tertentu. Misalnya akan melakukan penelitian tentang kualitas makanan, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli makanan, atau penelitian tentang kondisi politik di suatu daerah, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli politik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teknik pengambilan sampel yangdilakukan untuk menyempurnakan tekniksampel wilayah adalah ....

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia