Roboguru

Seorang peneliti mendapati tanah di dekat kandang sapi lebih subur daripada tanah yang jauh dari kandang sapi. Desainlah sebuah rancangan penelitian sesuai dengan metode ilmiah dari kasus tersebut!

Pertanyaan

Seorang peneliti mendapati tanah di dekat kandang sapi lebih subur daripada tanah yang jauh dari kandang sapi. Desainlah sebuah rancangan penelitian sesuai dengan metode ilmiah dari kasus tersebut!

Pembahasan Soal:

Pada fenomena yang diamati oleh peneliti, dapat diketahui bahwa tanah di dekat kandang sapi lebih subur daripada tanah yang jauh dari kandang sapi. Untuk meneliti masalah tersebut, desain penelitian yang sesuai adalah dengan melakukan percobaan dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

  1. Merumuskan masalah, peneliti menetapkan rumusan masalah berdasarkan hasil identifikasi awal yang telah dilakukan. Contoh rumusan masalah yang dapat dirumuskan berdasarkan fenomena tersebut adalah "Bagaimana pengaruh kotoran sapi terhadap kesuburan tanah?"
  2. Membuat Hipotesis, peneliti membuat hipotesis atau dugaan sementara berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan. Contoh hipotesis yang dapat dirumuskan berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah "Kotoran sapi berpengaruh terhadap kesuburan tanah". Hipotesis tersebut selanjutnya akan dibuktikan kebenarannya melalui data hasil penelitian.space 
  3. Melakukan percobaan, peneliti melakukan percobaan guna mendapatkan data yang digunakan untuk membuktikan apakah hipotesis yang telah dirumuskan diterima atau ditolak. Dalam percobaan ini, tanah yang jauh dari kandang sapi (tidak tercampur kotoran sapi) diletakkan pada pot A dan tanah yang berada di dekat kandang sapi (tercampur kotoran sapi) diletakkan pada pot B dengan spesifikasi yang sama dan ditanami dengan jenis tumbuhan yang sama. Setelah itu diamati setiap hari dan dicatat hasilnya.
  4. Mengolah data pengamatan, tahap ini diawali dengan pengelompokan dan penyajian data hasil percobaan. Kemudian, data mengenai pertumbuhan tanaman tersebut diolah dan dianalisis sehingga diperoleh jawaban dari permasalahan yang sedang diteliti.
  5. Membuat kesimpulan, peneliti membuat simpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dengan memperhatikan hipotesis yang telah diajukan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nadya

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini.    Ada pengaruh positif dari cahaya matahari terhadap pertumbuhan panjang kecambah jagung  Pestisida X dapat menyembuhkan penyakit bercak kuning pada ta...

Pembahasan Soal:

Hipotesis adalah dugaan yang merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah. Hipotesis perlu dirumuskan untuk suatu masalah yang jawabannya harus diselidiki dengan melakukan eksperimen. Hipotesis Nol (Ho) adalah hipotesis yang menyatakan tidak adanya hubungan antara variabel bebas (variabel X) dan variabel terikat (variabel Y). Artinya, dalam rumusan hipotesis, yang diuji adalah ketidakbenaran variabel X mempengaruhi Y. Contoh pernyataannya sebagai berikut, "Tidak ada pengaruh pupuk X terhadap perkembangbiakan jamur kuping".

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Para ahli mempelajari dan menemukan objek atau persoalan biologi melalui suatu proses ilmiah atau metode ilmiah. Coba terangkan langkah-langkah metode ilmiah!

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis dalam melakukan suatu kerja ilmiah pada proses penelitian. Langkah metode ilmiah yaitu: 

  1. Mengidentifikasi masalah
  2. Merumuskan masalah.
  3. Mengumpulkan data melalui observasi. 
  4. Menentukan jawaban atau dugaan sementara (hipotesis).
  5. Melakukan penelitian atau eksperimen.
  6. Mengumpulkan data dari eksperimen.
  7. Melakukan analisis data.
  8. Membuat kesimpulan
  9. Melakukan publikasi hasil penelitian.

Jadi, langkah-langkah metode ilmiah dimulai dari perumusan masalah, observasi, membuat hipotesis, penelitian, mengumpulkan data, hingga publikasi.space

0

Roboguru

Seorang siswa ingin meneliti pengaruh cahaya terhadap kecepatan pertumbuhan kecambah, maka yang ditetapkan sebagai variabel bebasnya adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam suatu penelitian, terdapat variabel yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah variabel bebas yaitu suatu hal yang dapat memengaruhi variabel-variabel lainnya. Dalam suatu penelitian tentang pengaruh cahaya terhadap kecepatan pertumbuhan kecambah dapat diketahui yang menjadi variabel bebasnya adalah intensitas cahaya karena cahaya diduga dapat memengaruhi pertumbuhan kecambah. space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space

1

Roboguru

Seorang siswa ingin meneliti Pengaruh pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman cabe. Tuliskan rumusan masalah dari rencana penelitian tersebut!

Pembahasan Soal:

Masalah merupakan sesuatu hal yang harus diteliti dan dicari jawabannya serta rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Rumusan masalah dari judul penelitian tersebut adalah "bagaimana pengaruh pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman cabe?" 

Jadi, rumusan masalah pada penelitian tersebut adalah bagaimana pengaruh pemberian pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman cabe.space

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan metode ilmiah?

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah adalah suatu cara sistematis untuk memecahkan masalah. Metode ilmiah digunakan para ahli untuk melakukan suatu penelitian dan eksperimen guna menghasilkan penemuan baru. Beberapa langkah dalam metode ilmiah antara lain:

  1. menemukan dan merumuskan masalah
  2. mengumpulkan informasi
  3. menyusun hipotesis
  4. eksperimen/melakukan penelitian
  5. analisis data
  6. kesimpulan
  7. publiikasi hasil penelitian space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved