Seorang peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh spektrum cahaya tampak terhadap laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata. Berikut hasil penelitiannya.  Keterangan: P0  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna putih P1  : tanaman air Hydrilla verticillatadengan pemberian cahaya warna merah P2  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna kuning P3  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna hijau P4  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna biru Kesimpulan yang tepat berdasarkan berbagai perlakuan yang diamati pada laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata di atas adalah …

Pertanyaan

Seorang peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh spektrum cahaya tampak terhadap laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata. Berikut hasil penelitiannya. 

Keterangan:
P0  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna putih
P1  : tanaman air Hydrilla verticillatadengan pemberian cahaya warna merah
P2  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna kuning
P3  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna hijau
P4  : tanaman air Hydrilla verticillata dengan pemberian cahaya warna biru

Kesimpulan yang tepat berdasarkan berbagai perlakuan yang diamati pada laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata di atas adalah …

  1. Pengaruh pemberian spektrum cahaya warna putih, merah, kuning, hijau dan biru terhadap laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata tidak signifikan.

  2. Spektrum cahaya berwarna biru lebih berperan aktif dalam meningkatkan laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata.

  3. Terdapat perbedaan jumlah undefined yang terkumpul dan cahaya merah berperan aktif dalam meningkatkan laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata.

  4. Jumlah oksigen yang terkumpul setiap pemberian spektrum cahaya pada tanaman air Hydrilla verticillata memiliki banyak persamaan.

  5. Spektrum cahaya berwarna hijau lebih berperan aktif dalam meningkatkan laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata. 

I. Rostina

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Pengaruh spektrum cahaya terhadap laju fotosintesis dilihat dari jumlah oksigen karena oksigen merupakan hasil fotosintesis. Semakin banyak oksigen yang terkumpul maka semakin tinggi laju fotosintesis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan:

  1. Pemberian spektrum cahaya warna putih, merah, kuning, hijau, dan biru berpengaruh terhadap laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata.
  2. Terdapat perbedaan jumlah oksigen yang terkumpul setiap pemberian spektrum cahaya pada tanaman air Hydrilla verticillata pada masing-masing perlakuan.
  3. Berdasarkan data hasil penelitian, diketahui spektrum cahaya warna biru lebih berperan aktif dalam meningkatkan laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata. Perlakuan yang terbaik dalam laju fotosintesis tanaman air Hydrilla verticillata adalah perlakuan kelima (P4) dengan pemberian spektrum cahaya warna biru dengan urutan kuantitas pemberian cahaya warna biru, putih, merah, kuning dan hijau. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

247

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Suatu tumbuhan dapat melakukan pengikatan Co2​ pada malam hari, sedangkan pada siang hari stomata akan tertutup. Contoh tumbuhan yang memiliki karakteristik tersebut adalah ....

266

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia