Roboguru

Pertanyaan

Seorang peneliti melakukan kajian mengenai keberhasilan program wajib belajar 9 tahun di lima provinsi pulau Jawa, tahun 2011. Peneliti membagi tiga zona barat, tengah dan timur untuk mempermudah pengelompokkan data. Berdasarkan deskripsi tersebut maka cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah ....

  1. proporsional sampling

  2. random sampling

  3. area sampling

  4. group sampling

  5. purposive sampling

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pada soal ini, kita mendapati pernyataan bahwa peneliti membagi tiga zona barat, tengah, dan timur untuk mempermudah pengelompokan data. Sehingga, teknik sampling yang paling tepat adalah teknik area sampling. Teknik ini digunakan untuk pengambilan sampel pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah.

Penjelasan pada pilihan jawaban lain adalah sebagai berikut.

  • Proportional sampling: teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional.
  • Random sampling: pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.
  • Group sampling: Pengambilan anggota sampel setelah dibagi ke dalam beberapa kelompok.
  • Purposive sampling: teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Misalnya akan melakukan penelitian tentang kualitas makanan, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli makanan, atau penelitian tentang kondisi politik di suatu daerah, maka sampel sumber datanya adalah orang yang ahli politik.

 

79

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ketika akan mengumpulkan data penelitian, peneliti menemukan populasi yang tersebar luas di berbagai daerah. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka ia mengambil sample secara ...

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia