Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang pekerja di sebuah pabrik kimia terkena tumor pada tangannya. Oleh dokter di diagnosis bahwa tumornya tidak terlalu berbahaya tetapi ada mutasi dalam sel-sel otot tangan orang tersebut. Ia menjadi khawatir karena sebentar lagi akan menikah. Mengapa orang tersebut khawatir dengan rencana pernikahannya? Apakah ada kemungkinan anak-anaknya terlahir cacat? Berikanlah alasannya!

Seorang pekerja di sebuah pabrik kimia terkena tumor pada tangannya. Oleh dokter di diagnosis bahwa tumornya tidak terlalu berbahaya tetapi ada mutasi dalam sel-sel otot tangan orang tersebut. Ia menjadi khawatir karena sebentar lagi akan menikah. Mengapa orang tersebut khawatir dengan rencana pernikahannya? Apakah ada kemungkinan anak-anaknya terlahir cacat? Berikanlah alasannya!space 
space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mutasi yang terjadi pada sel somatis (sel tubuh) tidak akan diturunkan kepada keturunannya sehingga anaknya tidak akan terlahir cacat.

mutasi yang terjadi pada sel somatis (sel tubuh) tidak akan diturunkan kepada keturunannya sehingga anaknya tidak akan terlahir cacat.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berdasarkan kasus di atas, yang perlu diketahui mengenai mutasi yaitu, mutasi adalah peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel . Organisme yang mengalami mutasi disebut mutan. Sementara itu, penyebab mutasi disebut mutagen.Perubahan materi genetik tersebut menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu.Jika perubahan materi genetik terjadi pada sel-sel kelamin, kemungkinan besar perubahan sifat akan diturunkan (disebut mutasi germinal). Namun, jika perubahan materi genetik terjadi pada sel-sel somatik (sel tubuh) maka perubahan tersebut tidak akan diturunkan kepada keturunannya (disebut mutasi somatis). Berdasarkan penjabaran dari pengertian mutasi di atas, hal yang membuat orang tersebut khawatir dengan rencana pernikahannya kemungkinan karena ia khawatir mutasi yang terjadi pada sel-sel otot tangannya akan diturunkan kepada anak-anaknya kelak. Padahal mutasi yang terjadi pada sel otot merupakan mutasi somatis (terjadi pada sel tubuh) dan tidak akan diturunkan kepada keturunannya, sehingga tidak ada kemungkinan anak-anaknya terlahir cacat jika dikaitkan dengan mutasi pada sel otot tangan orang tersebut . Dengan demikian, mutasi yang terjadi pada sel somatis (sel tubuh) tidak akan diturunkan kepada keturunannya sehingga anaknya tidak akan terlahir cacat.

Berdasarkan kasus di atas, yang perlu diketahui mengenai mutasi yaitu, mutasi adalah peristiwa perubahan materi genetik kromosom atau DNA di dalam inti sel. Organisme yang mengalami mutasi disebut mutan. Sementara itu, penyebab mutasi disebut mutagen. Perubahan materi genetik tersebut menyebabkan perubahan sifat pada tingkat sel maupun tingkat individu. Jika perubahan materi genetik terjadi pada sel-sel kelamin, kemungkinan besar perubahan sifat akan diturunkan (disebut mutasi germinal). Namun, jika perubahan materi genetik terjadi pada sel-sel somatik (sel tubuh) maka perubahan tersebut tidak akan diturunkan kepada keturunannya (disebut mutasi somatis).

Berdasarkan penjabaran dari pengertian mutasi di atas, hal yang membuat orang tersebut khawatir dengan rencana pernikahannya kemungkinan karena ia khawatir mutasi yang terjadi pada sel-sel otot tangannya akan diturunkan kepada anak-anaknya kelak. Padahal mutasi yang terjadi pada sel otot merupakan mutasi somatis (terjadi pada sel tubuh) dan tidak akan diturunkan kepada keturunannya, sehingga tidak ada kemungkinan anak-anaknya terlahir cacat jika dikaitkan dengan mutasi pada sel otot tangan orang tersebut.

Dengan demikian, mutasi yang terjadi pada sel somatis (sel tubuh) tidak akan diturunkan kepada keturunannya sehingga anaknya tidak akan terlahir cacat.space space 

Latihan Bab

Konsep Dasar dan Klasifikasi Mutasi

Mutasi Gen

Mutasi Kromosom

Kelainan pada Manusia Akibat Mutasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gen yang bermutasi akan diwariskan kepada keturunannya jika mutasi tersebut terjadi di dalam ....

4rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia