Roboguru

Seorang murid duduk dengan mata tertutup. Lalu, tubuhnya diputar ke kanan. Setelah berhenti, murid tersebut mengatakan jika dirinya masih berputar. Bagian telinga yang masih berfungsi pada kejadian tersebut yaitu….

Pertanyaan

Seorang murid duduk dengan mata tertutup. Lalu, tubuhnya diputar ke kanan. Setelah berhenti, murid tersebut mengatakan jika dirinya masih berputar. Bagian telinga yang masih berfungsi pada kejadian tersebut yaitu….space space

  1. Rumah siputspace space

  2. Gendang telingaspace space

  3. Sakulus dan utrikulusspace space

  4. Saluran setengah lingkaranspace space

Pembahasan Soal:

Kejadian pada soal merupakan efek dari sistem kesetimbangan tubuh manusia yang mencoba mempertahankan posisinya. Salah satu organ yang berfungsi mengndalikan kesetimbangan adalah telinga. Selain menjadi organ pada sistem indera khususnya indera pendengaran, telinga memiliki bagian saluran setengah lingkaran yang berfungsi sebagai alat kesetimbangan tubuh. 
Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah Dspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alat keseimbangan tubuh yang ada dalam telinga yaitu ...

Pembahasan Soal:

Telinga selain menjadi organ dalam indera pendengaran juga merupakan organ kesetimbangan karena memiliki tiga saluran setengah lingkaran atau kanalis semisirkularis yang memiliki fungsi mengatur kesetimbangan tubuh.
Sehingga opsi jawaban yang benar adalah Cspace space

0

Roboguru

Tuliskan bagian yang ditunjuk pada gambar

Pembahasan Soal:

Telinga merupakan salah satu organ indra yang berfungsi dalam sistem pendengaran. Telinga terdiri dari 3 bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Berdasarkan gambar diatas, nomor 7 menunjukkan telinga bagian dalam yaitu kanalis semisirkularis (tiga saluran setengah lingkaran) yang memiliki sensor gerakan dan berfungsi dalam menjaga keseimbangan tubuh. space 

0

Roboguru

Dibagian manakah dari telinga manusia proses terjadi pusat pengatur keseimbangan tubuh ....

Pembahasan Soal:

Telinga merupakan organ pendengaran dan keseimbangan. Telinga dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu

  1. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan gelombang suara yang akan diteruskan ke telinga tengah. Saluran telinga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas telinga.
  2. Telinga tengah terdiri atas membran timpani, tulang pendengaran dan saluran Eustachius. Membran timpani berfungsi menerima gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran serta menyalurkan getaran ke tulang-tulang kecil telinga tengah. Tulang pendengaran terdiri atas tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes). Setiap tulang pendengaran akan menyampaikan getaran ke tulang berikutnya. Tulang stapes yang merupakan tulang terkecil di tubuh meneruskan getaran ke  koklea. Sedangkan saluran Eustachius merupakan saluran penghubung antara telinga tengah dan faring. Fungsinya menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan udara di telinga dalam.
  3. Telinga dalam terdiri atas vestibulum, kanalis semisirkularis dan rumah siput (koklea). Vestibulum merupakan ruangan kecil yang berhubungan dengan koklea pada sisi anterior, dengan telinga  tengah pada sisi lateral dan dengan kanalis semisirkularis pada sisi posterior. Kanal semisirkularis adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kanal ini berisi rambut-rambut halus dan cairan. Koklea adalah bagian telinga dalam yang berbentuk seperti cangkang siput. Di bagian dalam ruangan koklea terdapat organ Corti. Organ Corti memiliki fonoreseptor yang berupa sel-sel rambut. Sel-sel rambut ini akan bergerak ketika ada getaran di dalam koklea, sehingga menstimulasi getaran yang diteruskan oleh saraf auditori ke otak.

Jadi, pusat pengatur keseimbangan tubuh terjadi pada kanal semisirkularis.space 

0

Roboguru

Struktur berikut yang berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh adalah ....

Pembahasan Soal:

Telinga adalah organ indra yang bertanggung jawab untuk pendengaran. Setiap bagian telinga memiliki peranan penting dalam menyediakan informasi bunyi ke otak. Secara umum, telinga terbagi atas telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Pada telinga dalam terdapat bagian berbentuk semi lingkaran berisi cairan endolimfa dan sensor gerakan yang menyerupai rambut-rambut halus. Bagian ini dikenal sebagai kanalis semisirkularis. Kanalis semisirkularis dihubungkan oleh bentukan seperti kantung, yaitu utrikulus dan sakulus yang juga memiliki sensor gerakan dan berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan tubuh.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Telinga dilengkapi oleh reseptor-reseptor yang berperan dalam mendengar dan menjaga keseimbangan tubuh. Kedua reseptor tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Telinga merupakan indra pendengaran pada manusia karena terdapat reseptor pendengaran pada telinga bagian dalam. Salah satu bagian telinga dalam adalah koklea. Di bagian dalam ruangan koklea terdapat organ korti. Organ korti berisi sel-sel rambut yang sangat peka sehingga berfungsi sebagai reseptor getaran yang sebenarnya. Sel- sel tersebut terhubung dengan saraf-saraf auditori dari saraf otak VIII.

Selain sebagai indra pendengaran, telinga juga berperan sebagai alat keseimbangan tubuh. Reseptor keseimbangan terdapat pada kanal semisirkularis dan vestibula. Kanal semisirkularis mempunyai dasar yang menggelembung yang disebut ampula. Ampula mengandung sel bersilia dan berfungsi sebagai reseptor yang disebut krista. Adapun vestibula terdiri atas dua bagian, yaitu sakulus dan utrikulus. Masing-masing bagian memiliki sel reseptor di dalam dindingnya yang disebut makula.undefined 

Jadi, reseptor pendengaran pada telinga berupa sel-sel rambut yang berada di organ korti, sedangkan reseptor keseimbangan pada telinga adalah krista dan makula.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved