Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk pakaian. Salah satu cara untuk mengalokasikan dana ialah dengan memberikan dana tersebut kepada devisi yang mampu mengelola dengan efektif dan efisien. Kasus diatas merupakan contoh dari .....

Seorang manajer perusahaan menghadapi masalah tentang pengalokasian dana untuk meningkatkan penjualan produk pakaian. Salah satu cara untuk mengalokasikan dana ialah dengan memberikan dana tersebut kepada devisi yang mampu mengelola dengan efektif dan efisien.

Kasus diatas merupakan contoh dari .....

  1. konflik kolektif

  2. konflik fungsional

  3. konflik ekonomi

  4. konflik horizontal

  5. konflik antarkelas sosial

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Soal ini mengarahkan kalian untuk mengidentifikasibentukkonflik sosial di masyarakat yaitu konflik fungsional dan konflik disfungsional beserta contohnya. Konflik Fungsional adalah konflik yang mendukung pencapaian tujuan kelompok.Konflik fungsionalbersifat konstruktif dan membantu dalam meningkatkan kinerja organisasi. Konflik ini mendorong orang untuk bekerja lebih keras, bekerja sama dan lebih kreatif. Konflik kini berdampak positif atau dapat memberi manfaat atau keuntunganbagi organisasi yang bersangkutan. Konflik Disfungsional adalah konflik yang merintangi pencapaian tujuan kelompok. Konflik disfungsional bersifat destruktif dan dapat menurunkan kinerja organisasi. Konflik disfungsional dapat diartikan setiap konfrontasi atau interaksi diantara kelompok yang merugikan organisasi atau menghalangi pencapaian tujuan organisasi. Ilustrasi soal tersebut menjelaskan terdapat konflik tentang pengalokasian dana yang tidak efektif sehingga dibutuhkan departemen yang mampu mengalokasikan dana dengan baik dan efektif. Artinya departemen pertamatidak sanggup menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dilimpahkan ke departemen yang lain. Oleh karena itu, jawabannya adalah B. Konflik Fungsional

Soal ini mengarahkan kalian untuk mengidentifikasi bentuk konflik sosial di masyarakat yaitu konflik fungsional dan konflik disfungsional beserta contohnya. 

Konflik Fungsional adalah konflik yang mendukung pencapaian tujuan kelompok.Konflik fungsional bersifat konstruktif dan membantu dalam meningkatkan kinerja organisasi. Konflik ini mendorong orang untuk bekerja lebih keras, bekerja sama dan lebih kreatif. Konflik kini berdampak positif atau dapat memberi manfaat atau keuntungan bagi organisasi yang bersangkutan.

Konflik Disfungsional adalah konflik yang merintangi pencapaian tujuan kelompok. Konflik disfungsional bersifat destruktif dan dapat menurunkan kinerja organisasi. Konflik disfungsional dapat diartikan setiap konfrontasi atau interaksi diantara kelompok yang merugikan organisasi atau menghalangi pencapaian tujuan organisasi.

Ilustrasi soal tersebut menjelaskan terdapat konflik tentang pengalokasian dana yang tidak efektif sehingga dibutuhkan departemen yang mampu mengalokasikan dana dengan baik dan efektif. Artinya departemen pertama tidak sanggup menjalankan fungsinya dengan baik sehingga dilimpahkan ke departemen yang lain. 

Oleh karena itu, jawabannya adalah B. Konflik Fungsional 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

211

Viktor Hutauruk

Jawaban tidak sesuai karena penjelasannya ga sesuai ekspetasi

Farhan adrian

Salah

Nabilla Rizki Khairina

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konflik antarpribadi dapat terjadi karena adanya perbedaan antarindividu. Masalah yang menjadi dasar perlawanan atau konflik ini biasanya berupa ....

13

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia