Roboguru

Seorang mahasiswa yang malas belajar punya kebiasaan yaitu baru belajar pada malam hari ketika besoknya mau ujian. Supaya bisa belajar semalaman dia biasa mengkonsumsi obat jenis amfetamin, sehingga d

Seorang mahasiswa yang malas belajar punya kebiasaan yaitu baru belajar pada malam hari ketika besoknya mau ujian. Supaya bisa belajar semalaman dia biasa mengkonsumsi obat jenis amfetamin, sehingga dia bisa terjaga dan tidak tidur semalaman. Obat jenis amfetamin bersifat stimulan dan termasuk salah satu obat jenis psikotropika. Jelaskan yang dimaksud sifat stimulan dari obat-obatan jenis amfetamin tersebut! 

Jawaban:

Amfetamin adalah obat stimulan. Penggunaan amfetamin akan memengaruhi bahan kimia yang ada di otak dan saraf yang berkontribusi terhadap sikap hiperaktif dan kontrol impuls. Amfetamin akan mempercepat perjalanan pesan antar otak dengan tubuh yang menyebabkan orang menjadi hiperaktif. Amfetamin secara resmi akan diresepkan oleh dokter untuk mengobati kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan narkolepsi. Narkolepsi adalah keadaan seseorang yang memiliki keinginan tidur tidak terkendali. Selain itu, amfetamin juga diresepkan untuk pasien yang mengidap parkinson. Amfetamin akan meningkatkan kadar dopamine di otak dengan cepat. Jadi, yang dimaksud sifat stimulan dalam amfetamin yaitu psikotropika yang dapat meningkatkan hormon dopamine dan norepinefrin pada otak sehingga memberikan perasaan seneng, tenang, dan nyaman pada penggunanya. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved