Roboguru

Seorang laki-laki normal menikahi perempuan normal. Akan tetapi terjadi peristiwa nondisjunction pada gonosom laki-laki. Kemungkinan keturunan yang akan dihasilkan dari pernikahan tersebut adalah . . . .

Pertanyaan

Seorang laki-laki normal menikahi perempuan normal. Akan tetapi terjadi peristiwa nondisjunction pada gonosom laki-laki. Kemungkinan keturunan yang akan dihasilkan dari pernikahan tersebut adalah . . . . space space 

  1. Semua anak mengalami kematian (letal)  space 

  2. Anak berjenis kelamin laki-laki mengalami kelainan sindrom Jacob space 

  3. Anak berjenis kelamin perempuan mengalami kelainan sindrom Turner  space 

  4. Anak berjenis kelamin laki-laki tidak mengalami kelainan  space 

  5. Anak berjenis kelamin perempuan tidak mengalami kelainan space 

Pembahasan Soal:

Nondisjunction adalah kegagalan kromosom homolog atau kromatid saudara untuk memisahkan dengan benar selama pembelahan sel. Ada tiga bentuk nondisjungsi: kegagalan sepasang kromosom homolog untuk memisahkan pada meiosis I, kegagalan kromatid saudara untuk memisahkan selama meiosis II, dan kegagalan kromatid saudara untuk memisahkan selama mitosis. Nondisjungsi menyebabkan sel anak dengan nomor kromosom abnormal ( aneuploidi ).

Hasil dari kesalahan ini adalah sel dengan ketidakseimbangan kromosom. Sel semacam itu dikatakan aneuploid. Hilangnya satu kromosom (2n-1), di mana sel anak yang cacat akan kehilangan satu kromosom dari salah satu pasangannya, disebut monosomi . Memperoleh satu kromosom, di mana sel anak yang cacat akan memiliki satu kromosom di samping pasangannya disebut trisomi. Jika gamet aneuploid dibuahi, sejumlah sindrom dapat terjadi.

Sindrom Jacob adalah kondisi mutasi genetik yang terjadi pada kaum pria. Jika normalnya setiap sel dalam tubuh memiliki 46 kromosom, penderita sindrom Jacob justru mempunyai 47 kromosom. Ada dua jenis kromosom seks yang dapat membentuk jenis kelamin seseorang, yaitu kromosom X dan Y. Dalam kondisi normal, wanita memiliki dua kromosom X (XX), sedangkan laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY).

Pria penderita sindrom Jacob justru memiliki satu tambahan kromosom Y, sehingga kromosom yang terbentuk menjadi XYY.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved