Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang karyawan minimarket dengan upah Rp 2.500.000 per bulan meninggalkan pekerjaannya dan bekerja sebagai salesman kosmetik dengan upah yang sama, orang tersebut mengalami ...

Seorang karyawan minimarket dengan upah Rp 2.500.000 per bulan meninggalkan pekerjaannya dan bekerja sebagai salesman kosmetik dengan upah yang sama, orang tersebut mengalami ...

  1. mobiitas sosial vertikal

  2. mobilitas sosial horizontal

  3. mobilitas sosial srinking

  4. mobilitas sosial climbing

  5. mobilitas sosial intra-generasi

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan masyarakat baik individu ataupun kelompok pada lapisan sosial yang sederajat. Mobilitas sosial horizontal tidak mengubah derajat kedudukan seseorang atau kelompok secara signifikan dalam lapisan sosial masyarakat. Misalnya saja perubahan status seorang karyawan minimarket dengan upah Rp. 2.500.000 perbulan menjadi salesman kosmetik dengan upah yang sama. Meskipun terdapat perbedaan pada status atau posisi pekerjaannya, akan tetapi hal tersebut tidak mengubah derajat kedudukan individu tersebut secara signifikan. Kedua status pekerjaan yang berbeda tersebut tergolong pada derajat kedudukan yang sama sebagai karyawan swasta dan memiliki penghasilan yang sama. Penjelasan pada pilihan jawaban lain, yaitu: Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu atau kelompok menuju lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut; (1) mobilitas sosial vertikal naik ( social climbing ) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih tinggi dan (2) mobilitas sosial vertikal turun ( social sinking ) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih rendah. Mobilitas sosial intra-generasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan masyarakat baik individu ataupun kelompok pada lapisan sosial yang sederajat. Mobilitas sosial horizontal tidak mengubah derajat kedudukan seseorang atau kelompok secara signifikan dalam lapisan sosial masyarakat. Misalnya saja perubahan status seorang karyawan minimarket dengan upah Rp. 2.500.000 perbulan menjadi salesman kosmetik dengan upah yang sama. Meskipun terdapat perbedaan pada status atau posisi pekerjaannya, akan tetapi hal tersebut tidak mengubah derajat kedudukan individu tersebut secara signifikan. Kedua status pekerjaan yang berbeda tersebut tergolong pada derajat kedudukan yang sama sebagai karyawan swasta dan memiliki penghasilan yang sama.

Penjelasan pada pilihan jawaban lain, yaitu:

  • Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu atau kelompok menuju lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut; (1) mobilitas sosial vertikal naik (social climbing) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih tinggi dan (2) mobilitas sosial vertikal turun (social sinking) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih rendah.
  • Mobilitas sosial intra-generasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kebijakan pemerintah untuk melaksanakan program transmigrasi akan mengondisikan terjadinya mobilitas ...

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia