Roboguru

Seorang ilmuwan yang menemukan fosil Meganthropus paleojavaincus di Sangiran adalah…

Pertanyaan

Seorang ilmuwan yang menemukan fosil Meganthropus paleojavaincus di Sangiran adalah…

  1. von Koenigswald

  2. Eugene Dubois

  3. Teuku Jacob

  4. Ter Haar

  5. van Heekeren

Pembahasan Soal:

Von Koenigswald, adalah seorang ahli paleontologi manusia purba dan kebudayaannya. Von Koenigswald belajar geologi dan paleontologi.

Pada tahun 1931 Von Koenigswald tiba di Hindia Belanda (Nusantara) dan langsung melakukan penelitian-penelitian yang terarah pada stratigrafi Pliosen-Plistosen di P. Jawa. Antara tahun 1932-1933 dia melakukan penggalian untuk penyelidikan paleontologi di daerah Ngandong, Blora, Jawa Tengah, dan menemukan fosil manusia purba yang diberi nama Homo erectus soloensis.

Penyelidikan selanjutnya dilakukan di daerah situs Sangiran, Sragen, Jawa Tengah antara tahun 1934-1941. Di daerah itu von Koenigswald menemukan gigi rahang yang sudah lepas yang kemudian diketahui dari spesies Homo modjokertensis, tengkorak dari spesies Pithecanthropus erectus, serta rahang atas dan bawah dari spesies Meganthropus palaeojavanicus.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penemu Meganthropus paleojavanicus adalah .…

Pembahasan Soal:

Meganthropus paleojavanicus adalah salah satu jenis fosil manusia purba tertua yang pernah ditemukan dalam sejarah bangsa Indonesia, tepatnya di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Sebutan Meganthropus paleojavanicus berarti "Manusia Besar dari Jawa. Meganthropus paleojavanicus berasal dari masa paling tua, yakni Pleistosen bawah atau kira-kira 2.588.000 tahun yang lalu. Penemu fosil Meganthropus paleojavanicus adalah G.H.R von Koenigswald pada sekitar tahun 1936. Susunan tulang fosil yang ditemukan meliputi tulang rahang atas dan bawah, serta beberapa gigi yang terlepas. Fosil Meganthropus paleojavanicus ditemukan di situs Sangiran, tepatnya formasi Pucangan. Sangiran adalah situs purbakala yang terletak di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. 

Ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus sebagai berikut.

1. Berbadan tegap dengan tonjolan di belakang kepala.

2. Bertulang pipi tebal dengan tonjolan kening yang mencolok.

3. Tidak memiliki dagu.

4. Memiliki rahang dan otot gigi yang kuat serta gigi geraham berukuran besar.

5. Memakan jenis tumbuh-tumbuhan.

 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Ahli yang mengadakan penelitian di Sangiran tahun 1936 dan tahun 1941 serta menemukan fosil rahang manusia yang berukuran besar dan dinamakan Meganthropus palaeojavanicus adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Jenis manusia purba Meganthropus ini ditemukan oleh Von Koenigswald di Sangiran tahun 1936 dan tahun 1941 berupa fosil rahang manusia yang berukuran besar. Dari hasil rekonstruksi tersebut, kemudian para ahli menamakan jenis manusia purba ini dengan sebutan Meganthropus palaeojavanicus. Meganthropus palaeojavanicus berasal dari kata mega = besar, palaeo = tua, dan Java = Jawa, jadi Meganthropus palaeojavanicus berarti manusia besar/raksasa yang diperkirakan manusia pertama yang hidup di Jawa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Fosil yang ditemukan V. Koenigswald pada tahun 1939-1941 di Sangiran, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Meganthropus paleojavanicus merupakan jenis manusia purba yang mempunyai ciri berupa rahang besar, kuat, serta berbadan tegap. Hal tersebut membuat Meganthropus paleojavanicus disebut sebagai manusia raksasa dari Jawa. Manusia purba tersebut ditemukan oleh Von Koenigswald di situs Sangiran pada tahun 1939-1941. Meganthropus paleojavanicus diperkirakan hidup pada zaman Pleistosen bawah. 

Dengan demikian, Meganthropus paleojavanicus merupakan manusia purba yang ditemukan oleh Von Koeningswald di situs Sangiran tahun 1939-1941.

0

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman geologis!

Pembahasan Soal:

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

Dengan demikian, pembagian zaman secara geologis adalah pembagian zaman berdasarkan keadaan bumi saat itu. Dan secara geologis masa praaksara dibagi menjadi 4 yaitu Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, Neozoikum

0

Roboguru

Tulis informasi yang kamu temukan pada kolom yang disediakan!

Pembahasan Soal:

Para ahli sejarah membagi periode prasejarah di bumi menjadi 4 zaman yaitu Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.  Berikut ini ciri-ciri Zaman Paleozoikum yaitu:

  1. Berlangsung sekitar 340 juta tahun.
  2. Keadaan bumi belum stabil.
  3. Iklim masih sering berubah-ubah.
  4. Curah hujan yang sangat besar.
  5. Mulai ada tanda kehidupan berupa hewan kecil tidak bertulang belakang, mikroorganisme, sejenis ikan, ganggang atau rerumputan.

Dengan demikian, ciri-ciri kehidupan zaman paleozoikum yaitu mulai ada tanda-tanda kehidupan berupa mikroorganisme, hewan kecil tanpa bertulang belakang, jenis ikan, dan jenis ganggang atau rerumputan, keadaan bumi masih belum stabil, Iklim masih belum stabil dan berubah-ubah, curah hujan sangat besar dan berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved