Iklan

Iklan

Pertanyaan

Seorang ibu memberikan nasehat kepada putra putrinya agar lebih rajin belajar supaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang. Jenis pengendalian sosial pada contoh kasus di atas adalah ....

Seorang ibu memberikan nasehat kepada putra putrinya agar lebih rajin belajar supaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang. Jenis pengendalian sosial pada contoh kasus di atas adalah ....

  1. proaktif

  2. koersif

  3. represif

  4. persuasif

  5. destruktif

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gossip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya. Pengendalian sosial mempunyai beberapa jenis. Pada soal ini diilustrasikan ada seorang ibu yang memberikan nasihat kepada anaknya agar rajinbelajar supaya hasil ujiannya baik. Pengendalian sosial jenis inidilakukan dengan bujukan, rayuan, atau imbauan dinamakan persuasif (opsi D).

Peter L. Berger mendefinisikan pengendalian sosial sebagai upaya masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang dari aturan yang berlaku. Bentuk-bentuk pengendalian sosial di masyarakat bisa bermacam-macam seperti ejekan, teguran, gossip, intimidasi, kekerasan, imbalan, dan lain sebagainya.

Pengendalian sosial mempunyai beberapa jenis. Pada soal ini diilustrasikan ada seorang ibu yang memberikan nasihat kepada anaknya agar rajin belajar supaya hasil ujiannya baik. Pengendalian sosial jenis ini dilakukan dengan bujukan, rayuan, atau imbauan dinamakan persuasif (opsi D).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berilah beberapa contoh konkret yang dapat menunjukkan usaha-usaha pengendalian sosial di masyarakat !

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia