Pertanyaan

Seorang ibu memberikan nasehat kepada putra putrinya agar lebih rajin belajar supaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang. Jenis pengendalian sosial pada contoh kasus di atas adalah..

Seorang ibu memberikan nasehat kepada putra putrinya agar lebih rajin belajar supaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang. Jenis pengendalian sosial pada contoh kasus di atas adalah..

  1. proaktif

  2. koersif

  3. represif

  4. persuasif

  5. destruktif

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Persuasif merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan cara ajakan atau mengajak atau membimbing kepada individu/kelompok yang melanggar agar kembali untuk mentaati aturan yang berlaku. Hal itu sesuai dengan soal dimana seorang ibu memberikan nasehat kepada putra-putrinya agar rajin belajar sepaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang, yang sesuai dengan konsep persuasif yaitu ajakan atau bimbingan atau nasihat sehingga termasuk dalam bentuk pengendalian persuasif. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Proaktif bukan merupakan pengendalian sosial Koersif merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan kekerasan atau paksaan. Repersif merupakan cara pengendalian yang bersifat menanggulangi perilaku yang sudah menyimpang Destruktif bukan merupakan pengendalian sosial

Persuasif merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan cara ajakan atau mengajak atau membimbing kepada individu/kelompok yang melanggar agar kembali untuk mentaati aturan yang berlaku. Hal itu sesuai dengan soal dimana seorang ibu memberikan nasehat kepada putra-putrinya agar rajin belajar sepaya hasil ulangannya baik dan tidak mengulang, yang sesuai dengan konsep persuasif yaitu ajakan atau bimbingan atau nasihat sehingga termasuk dalam bentuk pengendalian persuasif. 

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Proaktif bukan merupakan pengendalian sosial
  • Koersif merupakan cara pengendalian yang dilakukan dengan kekerasan atau paksaan.
  • Repersif merupakan cara pengendalian yang bersifat menanggulangi perilaku yang sudah menyimpang
  • Destruktif bukan merupakan pengendalian sosial

466

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan penyuluhan di balai RW mengenai keluarga kecil sejahtera. Instansi tersebut mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri dengan...

2rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia