Pertanyaan

Seorang guru sosiologi yang berasal dari suku jawa dan guru sejarah yang berasal dari suku sunda sama-sama di SMA Tunas Bangsa. Hal ini membentuk struktur sosial yang berupa ...

Seorang guru sosiologi yang berasal dari suku jawa dan guru sejarah yang berasal dari suku sunda sama-sama di SMA Tunas Bangsa. Hal ini membentuk struktur sosial yang berupa ...space 

  1. interaksispace 

  2. interseksispace 

  3. integrasispace 

  4. konsolidasispace 

  5. kooperasispace 

K. Putri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Ganesha

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah opsi B, interseksi.

jawaban yang tepat adalah opsi B, interseksi.space 

Pembahasan

Jawaban yang tepat bagi pertanyaan tersebut adalah B. Berikut merupakan penjelasannya: Poin soal adalah salah satu konsekuensi struktur sosial dalam masyarakat multikultural. Masyarakat multikultural dapat dimengerti sebagai masyarakat yang terdiri atas beragam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda. Struktur sosial pada masyarakat Indonesia ditandai dengan dua ciri yang unik, yaitu bersifat vertikal (stratifikasi sosial) dan horizontal (diferensiasi sosial). Struktur sosial dalam masyarakat multikultural membawa konsekuensi terjadinya hal-hal berikut: lnterseksi , yaitu suatu persilangan keanggotan suatu kelompok sosial dan berbagai seksi yang akan meningkatkan integrasi. Konsolidasi , yaitu proses penguatan keanggotan individu/kelompok yang berbeda di suatu kelompok sosial yang dapat menimbulkan konflik. Ilustrasi dalam soal menunjukkan terbentuknya interseksi. Hal tersebut tercermin dari berkumpulnya sesama guru di lingkungan SMA Tunas Bangsa, meskipun mereka berasal dari latar belakang suku yang berbeda. Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi B, interseksi.

Jawaban yang tepat bagi pertanyaan tersebut adalah B.

Berikut merupakan penjelasannya:

Poin soal adalah salah satu konsekuensi struktur sosial dalam masyarakat multikultural.

Masyarakat multikultural dapat dimengerti sebagai masyarakat yang terdiri atas beragam kelompok sosial dengan sistem norma dan kebudayaan yang berbeda-beda. Struktur sosial pada masyarakat Indonesia ditandai dengan dua ciri yang unik, yaitu bersifat vertikal (stratifikasi sosial) dan horizontal (diferensiasi sosial).

Struktur sosial dalam masyarakat multikultural membawa konsekuensi terjadinya hal-hal berikut:

  1. lnterseksi, yaitu suatu persilangan keanggotan suatu kelompok sosial dan berbagai seksi yang akan meningkatkan integrasi.
  2. Konsolidasi, yaitu proses penguatan keanggotan individu/kelompok yang berbeda di suatu kelompok sosial yang dapat menimbulkan konflik.

Ilustrasi dalam soal menunjukkan terbentuknya interseksi. Hal tersebut tercermin dari berkumpulnya sesama guru di lingkungan SMA Tunas Bangsa, meskipun mereka berasal dari latar belakang suku yang berbeda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi B, interseksi.space 

27

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang guru sosiologi yang berasal dari Jawa danguru Ekonomi yang berasal dari Sunda, sama-samabekerja di SMA Binallmu. Hal ini dapat membentukstruktur sosial berupa ...

114

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia