Roboguru

Seorang anak bercita-cita menjadi sorang dosen Universitas terkemuka di kotanya. Ia ingin lebih baik status sosialnya dibandingkan orang tuanya yang hanya guru SMA. Anak tersebut berkeinginan untuk dapat melakukan ….

Pertanyaan

Seorang anak bercita-cita menjadi sorang dosen Universitas terkemuka di kotanya. Ia ingin lebih baik status sosialnya dibandingkan orang tuanya yang hanya guru SMA. Anak tersebut berkeinginan untuk dapat melakukan …. undefinedundefined

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial merupakan gerak perpindahan status sosial yang dimiliki individu maupun kelompok ke status sosial yang lain dalam masyarakat. Perpindahan status dapat ke tingkatan yang lebih tinggi, lebih rendah, aau sederajat. Secara umum, mobilitas sosial dalam masyarakat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Mobilitas vertikal. Mobilitas vertikal merupakan perpindahan status ke tingkatan yang lebih tinggi atau lebih rendah. Mobilitas sosial dengan perpindahan status yang lebih tinggi dari status sebelumnya disebut dengan mobilitas climbing. Sementara mobilitas yang terjadi ketika status seseorang berpindah ke tingkatan yang lebih rendah disebut dengan mobilitas sinking.
  2. Mobilitas horizontal. Mobilitas horizontal merupakan mobilitas yang terjadi ketika seseorang berpindah kedudukan dalam tingkatan yang sama/sejajar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka ilustrasi di atas termasuk mobilitas sosial vertikal climbing.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved