Pertanyaan

Seorang ahli biologi mengamati jumlah DNA dalam kultur sel di laboratorium dan menemukan jumlah DNA di dalam sel menjadi dua kali lipat. Fenomena tersebut terjadi pada waktu .... ( SBMPTN 2014 ) Antara profase dan anafase pada mitosis Antara G1 dan G2 pada siklus sel Selama fase M pada siklus sel Akhir fase S Pilihlah:

Seorang ahli biologi mengamati jumlah DNA dalam kultur sel di laboratorium dan menemukan jumlah DNA di dalam sel menjadi dua kali lipat. Fenomena tersebut terjadi pada waktu .... (SBMPTN 2014)

  1. Antara profase dan anafase pada mitosis 
  2. Antara G1 dan G2 pada siklus sel 
  3. Selama fase M pada siklus sel 
  4. Akhir fase S

Pilihlah:undefined 

  1. jika jawaban (1), (2), dan (3) benarundefined 

  2. jika jawaban (1) dan (3) benarundefined 

  3. jika jawaban (2) dan (4) benarundefined 

  4. jika jawaban (4) saja yang benarundefined 

  5. jika semua jawaban (1), (2), (3), dan (4) benarundefined 

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Setiap sel memiliki siklus yang terdiri dari interfase dan fase pembelahan. Interfase adalah tahap persiapan sebelum membelah, sedangkan fase pembelahan afatu fase M adalah tahap dimana sel menggandakan diri. Interfase terdiri dari tiga tahap, yaitu G1, S, dan G2. Pada G1,sel mengalami pertumbuhan atau pertambahan ukuran, penggandaan organel, dan melakukan berbagai macam reaksi metabolisme untuk membentuk protein dan enzim. Pada S terjadi pembentukan materi genetik baru melalui penggandaan materi genetik sel induk (replikasi DNA). Pada G2, sel juga akan mengalami pertumbuhan, penggandaan organel, khususnya mitokondria dan retikulum endoplasma, proses sintesis protein maupun biomolekul lainnya. Oleh karena itu,jumlah DNA di dalam sel menjadi dua kali lipat terjadi pada akhir fase S atau fase antara G1 dan G2 pada siklus sel. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Setiap sel memiliki siklus yang terdiri dari interfase dan fase pembelahan. Interfase adalah tahap persiapan sebelum membelah, sedangkan fase pembelahan afatu fase M adalah tahap dimana sel menggandakan diri. Interfase terdiri dari tiga tahap, yaitu G1, S, dan G2. Pada G1, sel mengalami pertumbuhan atau pertambahan ukuran, penggandaan organel, dan melakukan berbagai macam reaksi metabolisme untuk membentuk protein dan enzim. Pada S terjadi pembentukan materi genetik baru melalui penggandaan materi genetik sel induk (replikasi DNA). Pada G2, sel juga akan mengalami pertumbuhan, penggandaan organel, khususnya mitokondria dan retikulum endoplasma, proses sintesis protein maupun biomolekul lainnya. 

Oleh karena itu, jumlah DNA di dalam sel menjadi dua kali lipat terjadi pada akhir fase S atau fase antara G1 dan G2 pada siklus sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

137

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses yang terjadi pada saat fase S dan G1 siklus sel secara berturut-turut adalah…

71

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia