Iklan

Iklan

Pertanyaan

Senyawa zink dari unsur transisi tidak berwarna. Hal itu disebabkan ...

Senyawa zink dari unsur transisi tidak berwarna. Hal itu disebabkan ...space space space

  1. orbital s telah terisi elektron setengah penuhspace space space

  2. orbital d telah terisi elektron setengah penuhspace space space

  3. orbital d telah penuh terisi oleh elektronspace space space

  4. tidak adanya elektron pada orbital dspace space space

  5. tidak adanya elektron pada orbital sspace space space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Warna senyawa dari unsur transisi berhubungan erat dengan konfigurasi elektronnya, yaitu adanya subkulit d yang terisi tidak penuh. Orbital-orbital d ini dapat terpisah menjadi dua tingkat energi, yaitu kelompok orbital pada sumbu dan yang berenergi lebih tinggi, serta orbital di antara sumbu dan yang berenergi lebih rendah. Pemisahan ini menyebabkan adanya celah energi yang memungkinkan elektron dari orbital d energi rendah pindah ke orbital d energi tinggi dengan menyerap energi pada panjang gelombang cahaya tampak. Zink mempunyai nomor atom 30, dimana diantara logam transisi periode 4, hanya logam Zn yang mempunyai orbital d terisi penuh oleh elektron. Berikut gambaran elektron valensi pada logam Zn: Dengan alasan inilah, tidak ada perpindahan elektron pada orbital d karena sudah terisi penuh, sehingga Zn tidak menghasilkan warna. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Warna senyawa dari unsur transisi berhubungan erat dengan konfigurasi elektronnya, yaitu adanya subkulit d yang terisi tidak penuh. Orbital-orbital d ini dapat terpisah menjadi dua tingkat energi, yaitu kelompok orbital pada sumbu italic d subscript italic x squared minus sign italic y squared end subscript dan italic d subscript italic z squared end subscript yang berenergi lebih tinggi, serta orbital di antara sumbu italic d subscript italic x italic y end subscript comma italic space italic d subscript italic x italic z end subscript dan italic d subscript italic y italic z end subscript yang berenergi lebih rendah. Pemisahan ini menyebabkan adanya celah energi yang memungkinkan elektron dari orbital d energi rendah pindah ke orbital d energi tinggi dengan menyerap energi pada panjang gelombang cahaya tampak.

 

Zink mempunyai nomor atom 30, dimana diantara logam transisi periode 4, hanya logam Zn yang mempunyai orbital d terisi penuh oleh elektron.

Zn presubscript 30 space colon space open square brackets Ar close square brackets space 4 italic s squared italic space 3 italic d to the power of 10 

Berikut gambaran elektron valensi pada logam Zn:

box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose space space space box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose box enclose upwards arrow downwards arrow end enclose space space 4 italic s squared space space space space space space space space space space space space space space space space space 3 italic d to the power of 10 

Dengan alasan inilah, tidak ada perpindahan elektron pada orbital d karena sudah terisi penuh, sehingga Zn tidak menghasilkan warna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space space

Latihan Bab

Logam Transisi Periode ke-4

Senyawa dan Ion Kompleks

Unsur Penting Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5rb+

Dyan Maharani

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa yang mengandung unsur scandium atau zink memiliki kesamaan yaitu …

140

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia