Iklan

Iklan

Pertanyaan

Senyawa yang mempunyai ikatan kovalen, ikatan ion, dan ikatan kovalen koordinat secara bersama adalah ....

Senyawa yang mempunyai ikatan kovalen, ikatan ion, dan ikatan kovalen koordinat secara bersama adalah ....

  1.  

  2.  

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kesimpulannya senyawa yang didalamnya terdapat ikatan kovalen sekaligus ikatan ion adalah KNO 3 ​

kesimpulannya senyawa yang didalamnya terdapat ikatan kovalen sekaligus ikatan ion adalah space

Iklan

Pembahasan

Ikatan ion terbentuk antara atom yang mudah melepas elektron (atom logam) dan atom lain yang mudah menerima elektron (atom nonlogam) atau secara umum bisa diartikan ikatan yang terjadi karena serah terima elektron. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena adanya pemakaian elektron bersama, biasanya terjadi pada unsur nonlogam. Ikatan kovalen koordinasi atau ikatan semipolar adalah ikatan yang terbentuk dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron yang berasal dari salah satu atom, ion atau molekul yang memiliki PEB. Adapun atom, ion, molekul lain hanya menyediakan orbital kosong. Pada senyawa KNO 3 ​ kita bisa melihat adanya ikatan ion yang terjadi ketika atom K yang menjadi ion positif setelah melepas elektronnya berikatan dengan ion NO 3 − ​ . Ikatan kovalen yang terjadi antar atom nitrogen dengan atom oksigen dimana keduannya berikatan kovalen rangkap 2 dengan pemakaian bersama 4 pasangann elektron. Ikatan kovalen koordinasi terjadi pada atom N dengan atom disebelah kanan dimana mereka berikatan dengan hanya menggunakan elektron dari nitrogen. Jadi, kesimpulannya senyawa yang didalamnya terdapat ikatan kovalen sekaligus ikatan ion adalah KNO 3 ​

Ikatan ion terbentuk antara atom yang mudah melepas elektron (atom logam) dan atom lain yang mudah menerima elektron (atom nonlogam) atau secara umum bisa diartikan ikatan yang terjadi karena serah terima elektron. 

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk karena adanya pemakaian elektron bersama, biasanya terjadi pada unsur nonlogam. 

Ikatan kovalen koordinasi atau ikatan semipolar adalah ikatan yang terbentuk dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron yang berasal dari salah satu atom, ion atau molekul yang memiliki PEB. Adapun atom, ion, molekul lain hanya menyediakan orbital kosong. 


 


Pada senyawa  kita bisa melihat adanya ikatan ion yang terjadi ketika atom  yang menjadi ion positif setelah melepas elektronnya berikatan dengan ion. Ikatan kovalen yang terjadi antar atom nitrogen dengan atom oksigen dimana keduannya berikatan kovalen rangkap 2 dengan pemakaian bersama 4 pasangann elektron. Ikatan kovalen koordinasi terjadi pada atom N dengan atom disebelah kanan dimana mereka berikatan dengan hanya menggunakan elektron dari nitrogen. 

Jadi, kesimpulannya senyawa yang didalamnya terdapat ikatan kovalen sekaligus ikatan ion adalah space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

143

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada senyawa NH 4 ​ CI terdapat ikatan ....

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia