Roboguru

Senyawa yang berisomer dengan adalah....

Senyawa yang berisomer dengan

begin mathsize 14px style C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond O H end style adalah....undefined

  1. Butanal

  2. Etil metil eter

  3. Etil etanoat

  4. Asam butanoat

  5. 2-butanol

Jawaban:

Isomer adalah hubungan antara dua senyawa atau lebih yang memiliki rumus kimia sama namun memiliki struktur yang berbeda. Keisomeran dapat digolongkan menjadi:

Isomer Struktur

Keisomeran struktur terjadi akibat perbedaan susunan ikatan antar atom-atom ataupun gugus-gugus fungsi dalam suatu molekul. Keisomeran struktur dapat dibedakan menjadi:

  • Isomer kerangka : rumus molekul dan gugus fungsi yang sama, namun kerangka (rantai karbon utama) berbeda. Contoh : n-butana dengan 2-metilpropana.
  • Isomer posisi : rumus molekul dan gugus fungsi yang sama, namun posisi gugus pada kerangka berbeda. Contoh : 1-butanol dengan 2-butanol.
  • Isomer fungsi :  rumus molekul sama, namun berbeda gugus fungsi. Beberapa pasangan deret homolog yang berisomer gugus fungsi, yaitu:
  1. Alkanol (alkohol) dengan alkoksialkana (eter) – rumus umum: begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n plus 2 end subscript O end style. Contohnya : etanol dengan metoksimetana (dimetil eter).
  2. Alkanal (aldehida) dengan alkanon (keton) – rumus umum: begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n end subscript O end style. Contohnya : propanal dengan propanon.
  3. Asam alkanoat (asam karboksilat) dengan alkil alkanoat (ester) – rumus umum: begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n end subscript O subscript 2 end style. Contohnya : asam propanoat dengan metil etanoat.

Isomer Ruang

Keisomeran ruang terjadi akibat perbedaan konfigurasi atau susunan atom-atom dalam ruang. Keisomeran ruang dapat dibedakan menjadi:

  • Isomer Geometri : keisomeran geometri umumnya ditemukan pada senyawa-senyawa dengan ikatan C=C di mana masing-masing atom C mengikat dua atom atau gugus atom yang berbeda. Berdasarkan posisi atom atau gugus atomnya, isomer-isomer geometri dibedakan menjadi bentuk cis dan bentuk trans. Isomer cis yaitu isomer di mana atom atau gugus atom sejenis terletak pada sisi yang sama. Isomer trans yaitu isomer di mana atom atau gugus atom sejenis terletak pada sisi berseberangan. Sebagai contoh, cis-2-butena dengan trans-2-butena merupakan pasangan isomer geometri cis-trans.
  • Isomer Optis : keisomeran optis terjadi jika senyawa memiliki suatu atom asimetris. Pada senyawa karbon, keisomeran optis terjadi pada senyawa yang mempunyai atom karbon asimetris, yaitu atom karbon yang terikat pada 4 atom atau gugus atom yang berbeda. Jika dua gugus pada atom asimetris tersebut ditukarkan posisinya, maka akan terbentuk dua molekul berbeda yang merupakan bayangan cermin dari satu sama lainnya. Kedua molekul ini tidak dapat saling ditindihkan satu sama lain (non-superimposable). Sifat tidak saling tumpang tindih seperti tangan kiri di atas tangan kanan dan sebaliknya disebut sebagai kiral.

Senyawa yang berisomer dengan begin mathsize 14px style C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond C H subscript 2 bond O H end style

berdasarkan pilihan jawaban adalah 2-butanol (termasuk isomer posisi).

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved