Iklan

Iklan

Pertanyaan

Senyawaturunan benzena yang berwujud kristal putih dan mudah larut dalam alkohol serta digunakan sebagai antijamur pada bedak dan salep kulit adalah ....

Senyawa turunan benzena yang berwujud kristal putih dan mudah larut dalam alkohol serta digunakan sebagai antijamur pada bedak dan salep kulit adalah ....  

  1. metil salisilat  

  2. asam salisilat  

  3. asam benzoat  

  4. asam terftalat  

  5. asam asetil salisilat  

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Metil salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan digunakan untuk mengobati rasa nyeri otot dan nyeri sendi. Asam salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol namun sukar larut dalam air. Asam salisilat inidigunakan untuk campuran pada bedak dan salep sebagai zat antijamur serta sebagai obat berbagai penyakit kulit seperti kutu air dan panu. Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan umumnya digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman. Asam Terftalat merupakan senyawa turunan benzena yang tidak larut dalam alkohol dan digunakan untuk zat campuran pembuatan serat dan botol plastik. Asam asetil salisilat atau biasanya disebut aspirin merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol. Aspirin ini biasa digunakan untuk pereda nyeri (analgesik) dan anti inflamasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Metil salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan digunakan untuk mengobati rasa nyeri otot dan nyeri sendi.

Asam salisilat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol namun sukar larut dalam air. Asam salisilat ini digunakan untuk campuran pada bedak dan salep sebagai zat antijamur serta sebagai obat berbagai penyakit kulit seperti kutu air dan panu.

Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol dan umumnya digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman.

Asam Terftalat merupakan senyawa turunan benzena yang tidak larut dalam alkohol dan digunakan untuk zat campuran pembuatan serat dan botol plastik.

Asam asetil salisilat atau biasanya disebut aspirin merupakan senyawa turunan benzena yang larut dalam alkohol. Aspirin ini biasa digunakan untuk pereda nyeri (analgesik) dan anti inflamasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Bab

Pendahuluan Benzena

Benzena

Tata Nama Turunan Benzena

Reaksi Penting pada Benzena

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

263

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di antara senyawa berikut ini yang bukan senyawa aromatik adalah ....

1rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia