Roboguru

Senyawa HBr merupakan senyawa kovalen polar yang dapat mengalami gaya elektrostatik antarmolekul. Gambarkanlah gaya elektrostatik antarmolekul HBr yang terjadi.

Pertanyaan

Senyawa HBr merupakan senyawa kovalen polar yang dapat mengalami gaya elektrostatik antarmolekul. Gambarkanlah gaya elektrostatik antarmolekul HBr yang terjadi.space space space

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen polar terbentuk karena antaratom yang berikatan kovalen tersebut memiliki perbedaan keelektronegatifan. Perbedaan ini menyebabkan pemisahan muatan pada kedua atom yang berikatan. Besaran tingkat pemisahan muatan (polarisasi muatan) dinamakan momen dipol. 

Akibat adanya perbedaan keelektronegatifan, pada molekul-molekul senyawa polar terdapat kutub yang bermuatan positif dan negatif (dipol). Kutub positif suatu molekul akan menyebabkan terjadinya gaya elektrostatik pada kutub-kutub negatif molekul lain. 

Pada senyawa HBr, keelektronegatifan H = 2,1 dan Br = 2,96. Perbedaan tersebut menyebabkan terbentuknya kutub positif open parentheses delta plus close parentheses pada atom H dan kutub negatif open parentheses delta minus sign close parentheses pada atom Br. Adanya dipol pada molekul tersebut menimbulkan gaya elektrostatik di antara molekul-molekulnya. Gaya elektrostatik antarmolekul pada senyawa polar menyebabkan  suatu senyawa polar dapat bercampur dengan senyawa polar lainnya.

 

  

Jadi, gaya elektrostatik antarmolekul HBr yang terjadi adalah gaya dipol-dipol seperti pada gambar karena HBr merupakan molekul polar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Agnia

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Senyawa yang jenis gaya antarmolekulnya gaya dipol-dipol adalah…

Pembahasan Soal:

Gaya dipol-dipol terjadi pada molekul polar.

Pada senyawa HCl panah vektor mempunyai arah ke kanan, atau ke arah atom Cl. Hal ini berarti persebaran elektronnya paling besar ke atom Cl atau muatan parsial negatif berada pada atom Cl, sedangkan atom H mempunyai muatan parsial positif. Sehingga, senyawa HCl bersifat kovalen polar.

0

Roboguru

Gaya yang terjadi antara molekul HCl dengan molekul HCl lain disebut ...

Pembahasan Soal:

Gaya tarik antar molekul menyebabkan molekul terikat dalam satu kelompok melalui gaya elektrostatis. Salah satu gaya tarik antar molekul adalah gaya dipol dipol. Gaya dipol-dipol adalah gaya tarik-menarik antar molekul senyawa kovalen polar, yaitu tarik-menarik antara dipol positif dan dipol negatif. HCl merupakan senyawa kovalen polar, dengan demikian maka gaya antar molekul HCl adalah gaya dipol-dipol.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Polarisabilitas paling mudah terjadi pada molekul yang memiliki ...

Pembahasan Soal:

Polarisabilitas adalah kemudahan suatu molekul untuk membentuk dipol sesaat atau untuk mengimbas (menginduksi) molekul lainnya. Gaya tarik dipol terbentuk karena molekul yang sebaran muatannya tidak simetris akan membentuk kutub pada kedua ujung molekulnya dan bersifat polar sesaat.

Kemampuan untuk membentuk dipol sesaat atau mengimbas molekul lain dipengaruhi oleh:

  • Jumlah elektron yang ada dalam molekul itu. Semakin banyak elektron dalam suatu molekul maka akan semakin mudah membentuk dipol sesaat atau mengimbas molekul lain. Jumlah elektron yang banyak tentu dimiliki oleh molekul dengan Mr yang besar.
  • Bentuk molekul dimana molekul yang bentuknya tidak simetri akan mudah membentuk kutub di kedua ujung molekulnya sehingga mudah mengalami polarisabilitas.

Jadi, polarisabilitas paling mudah terjadi pada molekul yang memiliki massa molekul relatifnya besar dan bentuk molekulnya panjang (lonjong).

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Gaya yang terjadi antara molekul HCI dengan molekul HCI lain adalah ....

Pembahasan Soal:

Gaya tarik antar molekul menyebabkan molekul terikat dalam satu kelompok melalui gaya elektrostatis. Gaya antar molekul mempengaruhi:

  • Kepolaran masing-masing molekul.
  • Sifat fisik senyawa (titik didih, titik beku, kelarutan, tekanan uap, dan lain-lain).

Salah satu gaya tarik antar molekul adalah gaya dipol dipol. Gaya dipol-dipol adalah gaya tarik-menarik antar molekul senyawa kovalen polar, yaitu tarik-menarik antara dipol positif dan dipol negatif. HCl merupakan senyawa kovalen polar, dengan demikian maka gaya antar molekul HCl adalah gaya dipol-dipol.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.undefined

0

Roboguru

Gaya yang terjadi antarmolekul polar berupa gaya ....

Pembahasan Soal:

Gaya dipol-dipol merupakan gaya yang bekerja antara molekul-molekul polar, yaitu antara molekul yang memiliki momen dipol. Semakin besar momen dipolnya, maka semakin kuat gaya dipol-dipolnya.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved