Iklan

Iklan

Pertanyaan

Senyawa 1-pentanol berisomer fungsi dengan ....

Senyawa 1-pentanol berisomer fungsi dengan ....

  1. etil isopropil eter

  2. etil metil eter

  3. dipropil eter

  4. 2-butanol

  5. dietil eter

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Isomer adalahmolekul yang mempunyai rumus kimia yang sama, namun mempunyai struktur yang berbeda. Isomer fungsi terjadi karena perbedaan gugus fungsi pada senyawa-senyawa yang rumus kimianya sama. Isomer fungsi alkohol adalah eter. 1-pentanol terdiri dari 5 atom C dengan gugus OH mengikat pada atom C pertama, memiliki rumus molekul dengan rumus struktur di bawah ini. Maka, 1-pentanol akan berisomer fungsi dengan senyawa eter yang juga memiliki 5 atom C. - etil isopropil eter , terdiri dari 2 atom C (etil) dan 3 atom C (isopropil) yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini. - etil metil eter ,terdiri dari 2 atom C (etil) dan 1 atom C (metil) yang ditengah kedua gugua alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini. - dipropil eter , terdiri dari 2 kali 3 atom C (dipropil)yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini. - 2-butanol, bukanlah isomer fungsi dari 1-pentanol karena masih memiliki gugus fungsi yang sama. Rumus kimianya adalah dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini. - dietil eter,terdiri dari 2 kali 2 atom C (dietil)yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Isomer adalah molekul yang mempunyai rumus kimia yang sama, namun mempunyai struktur yang berbeda. Isomer fungsi terjadi karena perbedaan gugus fungsi pada senyawa-senyawa yang rumus kimianya sama. Isomer fungsi alkohol adalah eter.

1-pentanol terdiri dari 5 atom C dengan gugus OH mengikat pada atom C pertama, memiliki rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 5 H subscript 12 O end style dengan rumus struktur di bawah ini.


 


Maka, 1-pentanol akan berisomer fungsi dengan senyawa eter yang juga memiliki 5 atom C.

- etil isopropil eter, terdiri dari 2 atom C (etil) dan 3 atom C (isopropil) yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah begin mathsize 14px style C subscript 5 H subscript 12 O end style dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini.


 


- etil metil eter, terdiri dari 2 atom C (etil) dan 1 atom C (metil) yang ditengah kedua gugua alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah begin mathsize 14px style C subscript 3 H subscript 8 O end style dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini.


 


- dipropil eter, terdiri dari 2 kali 3 atom C (dipropil) yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 14 O end style dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini.


 


- 2-butanol, bukanlah isomer fungsi dari 1-pentanol karena masih memiliki gugus fungsi yang sama. Rumus kimianya adalah begin mathsize 14px style C subscript 4 H subscript 10 O end style dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini.


 


- dietil eter, terdiri dari 2 kali 2 atom C (dietil) yang ditengah kedua gugus alkil tersebut terdapat gugus -O-, maka rumus kimianya adalah undefined dengan rumus struktur seperti pada gambar di bawah ini.


 


Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

914

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu senyawa karbon mempunyai rumus umum C n ​ H 2n+2 ​ O . Jika senyawa tersebut direaksikan dengan logam natrium akan menghasilkan gas hidrogen. Senyawa karbon tersebut mempunyai gugus fungsi...

33

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia