Iklan

Iklan

Pertanyaan

Semua rangkaian berikut menggunakan komponen listrik yang identik. Abaikan hambatan dalam sel. Dalam rangkaian (1), kuat arus sebesar 0,2 A. Rangkaian manakah yang kuat arus listriknya paling besar? Hitung kuat arus listriknya!

Semua rangkaian berikut menggunakan komponen listrik yang identik. Abaikan hambatan dalam sel.

 

Dalam rangkaian (1), kuat arus sebesar 0,2 A. Rangkaian manakah yang kuat arus listriknya paling besar? Hitung kuat arus listriknya!

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

rangkaian nomor 4adalah rangkaian dengan arus paling besardengan nilai arus 0,3 A.

rangkaian nomor 4 adalah rangkaian dengan arus paling besar dengan nilai arus 0,3 A.

Iklan

Pembahasan

Pada keempat rangkaian tersebut berlaku Hukum Ohm yang memenuhi persamaan V = I ⋅ R . Untuk kuat arus, ia berbanding lurus dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan hambatan. Maka, jika dalam rangkaian tersebut hambatannya bertambah, kuat arusnya akan semakin kecil. Namun, jika dalam rangkaian tersebut tegangannya bertambah, maka kuat arusnya juga akan bertambah. Pada rangkaian nomor 1 dengan satu komponen ggl atau tegangan dan satu komponen resistorarusnya adalah 0,2 A, sehingga memiliki persamaan: V I 0 , 2 ​ = = = ​ I ⋅ R R V ​ R V ​ ​ Rangkaian yang arusnya paling besaradalah rangkaian dengan tegangan paling besaratau hambatannya paling kecil seperti pada rangkaian nomor 4. Mari kita hitung kuat arus pada rangkaian nomor 4: 3 V I I I ​ = = = = ​ I ⋅ 2 R 2 R 3 V ​ 2 3 ​ ( 0 , 2 ) 0 , 3 A ​ Karena rangkaian nomor 2 akan memiliki arus yang sama karena pertambahan komponen tegangan dan hambatannya sama besar dan rangkaian nomor 3memiliki hambatan paling besar tetapi tegangannya lebih kecil daripada rangkaian nomor 4, maka akan menghasilkan arus yang lebih kecil. Dengan demikian, rangkaian nomor 4adalah rangkaian dengan arus paling besardengan nilai arus 0,3 A.

Pada keempat rangkaian tersebut berlaku Hukum Ohm yang memenuhi persamaan . Untuk kuat arus, ia berbanding lurus dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan hambatan. Maka, jika dalam rangkaian tersebut hambatannya bertambah, kuat arusnya akan semakin kecil. Namun, jika dalam rangkaian tersebut tegangannya bertambah, maka kuat arusnya juga akan bertambah.

Pada rangkaian nomor 1 dengan satu komponen ggl atau tegangan dan satu komponen resistor arusnya adalah 0,2 A, sehingga memiliki persamaan:
  

Rangkaian yang arusnya paling besar adalah rangkaian dengan tegangan paling besar atau hambatannya paling kecil seperti pada rangkaian nomor 4. Mari kita hitung kuat arus pada rangkaian nomor 4:
   

Karena rangkaian nomor 2 akan memiliki arus yang sama karena pertambahan komponen tegangan dan hambatannya sama besar dan rangkaian nomor 3 memiliki hambatan paling besar tetapi tegangannya lebih kecil daripada rangkaian nomor 4, maka akan menghasilkan arus yang lebih kecil.

Dengan demikian, rangkaian nomor 4 adalah rangkaian dengan arus paling besar dengan nilai arus 0,3 A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Semua rangkaian berikut menggunakan komponen listrik yang identik. Abaikan hambatan dalam sel. Dalam rangkaian (1), kuat arus sebesar 0,2 A.Rangkaian manakah yang identik (kuat arus listriknya s...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia