Roboguru

Sempat memberikan keuntungan bagi Belanda, kongsi dagang VOC bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintah Belanda pada 1799. Salah satu penyebab kebangkrutan VOC adalah...

Pertanyaan

Sempat memberikan keuntungan bagi Belanda, kongsi dagang VOC bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintah Belanda pada 1799. Salah satu penyebab kebangkrutan VOC adalah...

  1. VOC tidak memiliki struktur yang jelas

  2. Tindak korupsi terjadi di semua tingkatan birokrasi

  3. Banyak pegawai VOC yang menerapkan kebijakan sendiri

  4. Permintaan rempah-rempah di Eropa menurun akibat perang

  5. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun benteng-benteng pertahanan terlalu besar

Pembahasan Soal:

Pada 31 Desember 1799, VOC secara resmi dibubarkan dan pemerintahan VOC di Nusantara diambil alih oleh pemerintah Belanda. Ada beberapa penyebab dibubarkannya VOC, yakni sebagai berikut.

  • Faktor Internal
  1. Terjadi korupsi di semua tingkatan birokrasi, dari pegawai rendah sampai pejabat tinggi VOC. Korupsi itu dilakukan dengan berbagai cara, seperti memotong keuntungan yang seharusnya menjadi hak VOC, memotong uang kas dan anggaran, mengajukan target setoran di bawah potensi yang nyata agar sisa atau kelebihannya dapat dimasukkan ke saku pribadi, dan melakukan pungutan dalam pengangkatan bupati atau kepala desa. Gubernur Jenderal Johan van Hoorn bahkan dikabarkan berhasil menimbun harta sampai 10 juta gulden ketika kembali ke Belanda pada 1709. Padahal, gaji resminya hanya sekitar 700 gulden sebulan. Selain itu, uang suap diberikan oleh mereka yang berbondong-bondong ingin menjadi karyawan VOC. Jurnlah uang suap selama 1719-1723 bahkan ditetapkan oleh pengurus VOC di Belanda, yaitu sebesar 2.000 gulden untuk menjadi kapiten dan 120 gulden untuk menjadi kopral.
  2. Sebagian pegawai VOC (termasuk gubernur-gubernur jenderalnya) ikut serta dalam kegiatan perdagangan rempahrempah demi kepentingan pribadi, sesuatu yang sebetulnya tidak etis, ilegal, dan merugikan kepentingan VOC.
  3. Perdagangan gelap merajalela yang menerobos monopoli perdagangan VOC. Perdagangan gelap ini sebagian difasilitasi oleh pejabat-pejabat VOC yang korup. Mereka mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut.
  4. Anggaran biaya untuk para pegawai sangat besar karena makin meluasnya kekuasaan VOC. Hal ini tidak seimbang dengan penghasilan VOC yang semakin menurun.
  5. Biaya perang yang digunakan untuk menanggulangi perlawanan rakyat, seperti perlawanan yang terjadi di Gowa-Makassar. Akibatnya, utang VOC menumpuk. Total utang VOC saat dibubarkan sebesar 134,7 gulden. Semua utang dan kekayaan VOC yang ditinggalkan, seperti kantor, gudang, benteng, kapal, dan wilayah kekuasaannya di Nusantara, diambil alih oleh pemerintah Belanda.
  6. Adanya persaingan dengan perserikatan dagang lainnya, seperti East Indian Company (Inggris) dan Compagnie
    des Indes
    (Prancis); para pejabat dan pegawai VOC yang korup membuat persaingan ini tidak dapat dimenangkan oleh VOC.
  7. Pemasukan yang kecil disertai utang yang menumpuk menyulitkan VOC untuk memberikan imbal hasil kepada para pemegang saham.
  • Faktor Eksternal, Pada tahun 1795, Prancis di bawah Napoleon Bonaparte menguasai Belanda dan mendirikan Republik Bataaf (1795- 1806). Sebelumnya, pada tahun yang sama, atas dukungan Prancis, Raja Belanda Willem V digulingkan oleh kaum republikan (Belanda). Belanda pun menjadi republik. Setelah itu, Raja Belanda Willem V menyingkir ke lnggris (1795). Republik baru ini menjadi semacam negara bawahan (vassal) dari Prancis. Sebagai republik, Belanda menjadi sekutu Prancis dalam gerakan anti-monarki untuk melawan Inggris. Pendudukan ini merupakan bagian dari cita-cita imperialisme Napoleon Bonaparte menyebarluaskan hasil dan cita-cita Revolusi Prancis ke seluruh negara Eropa yang umumnya masih menganut sistem pemerintahan monarki. Perubahan politik ini ikut memengaruhi kebijakan Belanda terhadap VOC. Pemerintah Republik Bataaf memandang apa yang dilakukan VOC bertentangan dengan semangat kesetaraan dan kebebasan. Oleh karena itu, VOC harus dibubarkan. VOC pun dibubarkan tahun 1799. Belanda tetap menjadi bagian dari Prancis sampai tahun 1813, ketika Prancis menarik seluruh pasukannya dari Belanda akibat kalah dalam Pertempuran Leipzig pada Oktober 1813.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Parlemen Belanda menyatakan kongsi perdangan VOC bangkrut dan resmi ditutup pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Menjelang masa akhir keberadaan VOC di wilayah Nusantara, kongsi dagang ini mengalami berbagai masalah seperti banyaknya hutang yang dimiliki oleh VOC, perusahaan yang tidak sehat karena terjadi praktik korupsi dan lain-lain. Kondisi tersebut mendorong parlemen untuk membubarkan VOC pada 31 Desember 1799 dan asetnya diambil alih pemerintah Belanda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Krisis keuangan yang dialami oleh VOC disebabkan oleh....

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa pada pertengahan abad ke 18, VOC mulai mengalami kemunduran hingga akhirnya dibubarkan pada 31 Desember 1799. Salah satu faktor terbesar dalam pembubaran VOC adalah korupsi yang dilakukan oleh para pegawainya. Korupsi ini menyebabkan krisis keuangan di tubuh VOC karena banyaknya pejabat VOC yang terlibat korupsi sehingga beban utang VOC menjadi semakin banyak. Hal inilah yang mengantarkan kebangkrutan bagi VOC hingga akhirnya dibubarkan. Korupsi semakin diperparah denagn para pejabat VOC yang mulai menunjukkan sikap yang cenderung feodalis. Posisi jabatan dan berbagai simbol kehormatan tidak lengkap tanpa hadiah atau upeti. Sistem upeti juga terjadi di kalangan para pejabat, yaitu dari pejabat di bawahnya kepada pejabat yang lebih tinggi. Akhirnya, berlangsunglah budaya korupsi yang merajalela pada badan VOC.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

VOC dibubarkan pada tanggal…

Pembahasan Soal:

Pada pertengahan Abad ke VIII, VOC mengalami kemunduran karena beberapa sebab. Adapun penyebab kemunduran VOC, antara lain sebagai berikut.

  1. banyak pegawai VOC yang curang dan melakukan korupsi,
  2. banyak pengeluaran VOC untuk biaya peperangan, seperti perang melawan Sultan Hasanuddin,
  3. banyaknya gaji yang harus dibayar karena kekuasaan yang luas membutuhkan pegawai yang banyak,
  4. pembayaran deviden (keuntungan) bagi pemegang saham turut memberatkan setelah pemasukan VOC mengalami penurunan,
  5. bertambahnya saingan dagang di Asia,
  6. perubahan politik di Belanda dengan berdirinya Republik Bataaf pada tahun 1795 yang demokratis dan liberal, serta menganjurkan perdagangan bebas.

Berdasarkan alasan di atas VOC dibubarkan pada tangal 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang ditinggalkan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia.

Dengan demikian, VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

 

0

Roboguru

Parlemen Belanda menyatakan kongsi perdangan VOC bangkrut dan resmi ditutup pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Setelah berkuasa di Nusantara, VOC pun pada akhirnya juga mengalami kebangkrutan yang mengakibatkan kongsi dagang tersebut harus dibubarkan. Ada banyak hal yang memicu kebangkrutan VOC, diantaranya adalah dengan kekuasaan VOC yang semakin meluas dan berdampak pada membengkaknya anggaran yang harus dibayarkan kepada para pegawai. Selain itu, kebangkrutan VOC juga diakibatkan oleh beberapa faktor lain seperti banyaknya pejabat VOC yang melakukan korupsi. Setelah dirasa VOC tidak dapat menanggung beban hutang yang cukup besar, akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799 pemerintah Belanda memutuskan untuk tidak memperpanjang kembali hak oktroi dan membubarkan VOC.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Sempat memberikan keuntungan bagi belanda, kongsi dagang VOC bangkrut dan dibubarkan oleh pemerintah Belanda pada 1799. Salah satu penyebab kebangkrutan VOC adalah….

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1799 VOC dibubarkan karena tidak sanggup membayarkan dividen kepada para investor yang telah membeli saham. Hal ini kemudian membuat VOC dideklarasikan bangkrut dan asetnya diambil alih oleh pemerintahan Belanda. Salah satu penyebab utama dari kebangkrutan ini adalah korupsi yang merajalela di setiap tingkatan birokratis dan administrasi dalam VOC. Bentuk dari korupsi ini pun beragam, mulai dari pencurian terhadap hasil keuntungan penjualan rempah hingga penggunaan fasilitas perusahaan untuk melaksanakan perdagangan pribadi yang seringkali dilakukan oleh para pejabat dan pegawai keuangan.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved