Roboguru

Semboyan bangsa Indonesia tertulis pada ….

Pertanyaan

Semboyan bangsa Indonesia tertulis pada ….space space 

  1. lagu Indonesia Rayaspace space 

  2. Garuda Pancasilaspace space 

  3. bendera merah putihspace space 

  4. Pancasilaspace space 

Pembahasan Soal:

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Pada kaki burung Garuda Pancasila terdapat pita putih yang merupakan semboyan negara Indonesia bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti walaupun berbeda tapi tetap satu jua.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Hadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pekerjaan masyarakat yang tinggal di daerah pantai adalah…

Pembahasan Soal:

Pekerjaan yang ditekuni masyarakat sesuai dengan kondisi lingkungan alam sekitar. Misalnya, petani merupakan pekerjaan mayoritas bangsa Indonesia sebagai negara agraris. Nelayan adalah pekerjaan yang ditekuni oleh masyarakat di daerah pantai. Adapun di daerah pegunungan sebagian warganya menggarap perkebunan. Petani adalah pekerjaan yang ditekuni oleh masyarakat di dataran rendah atau dataran tinggi. Petani yang ada di dataran rendah biasanya petani padi, palawija dan jagung. Sementara petani yang ada di dataran tinggi biasanya petani sayura, buah-buahan dan petani bunga. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini! penjual kue nelayan guru petani Pernyataan di atas yang merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan barang adalah….

Pembahasan Soal:

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan pengrajin. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kakek Bayu merupakan seorang petani. Setiap harinya, Kakek Bayu pergi ke sawah untuk merawat sawahnya. Pekerjaan Kakek Bayu merupakan salah satu usaha untuk …

Pembahasan Soal:

Pekerjaan yang menyediakan barang merupakan pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin.

0

Roboguru

Berikut ini merupakan contoh dari beberapa pekerjaan: Nelayan Petani Guru Supir Pengrajin sepatu Pilot Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah ….

Pembahasan Soal:

Jenis Pekerjaan:

  1. Pekerjaan yang menghasilkan barang
    Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan suatu barang yang bisa dipergunakan oleh seseorang. Contohnya petani (menghasilkan padi dan jagung), nelayan (menghasilkan ikan), peternak (menghasilkan daging, susu, dan woll), penjual kue, dan perajin.
  2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa
    Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah pekerjaan yang hasilnya bukan berupa barang, tetapi hasil pekerjaannya dapat dinikmati dan dirasakan orang lain. Contohnya guru, dokter, perawat, tukang potong rambut, polisi, tentara, dan seniman. Jenis pekerjaan jasa ini dibutuhkan masyarakat luas, terutama di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, layanan transportasi, ketertiban dan keamanan, serta pariwisata. Oleh karena itu, pekerjaan yang menghasilkan jasa disebut sebagai pekerjaan yang berkaitan dengan sosial budaya.

0

Roboguru

Negara Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris merupakan negara maju yang bidang ekonominya merupakan negara industri. Hal yang mempengaruhi perkembangan ekonomi berdasarkan industri adalah ….

Pembahasan Soal:

Negara yang bidang ekonominya merupakan sektor industri memiliki ketrampilan ahli dari pekerjanya sehingga mampu menghasilkan barang-barang yang berkualitas dengan dibantu oleh teknologi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved