Iklan

Iklan

Pertanyaan

Selembar kaca tipis diletakkan di atas tiga magnet kuat dengan kedudukan seperti ditunjukkan pada gambar berikut. Serbuk-serbuk besi kemudian ditaburkan pada kaca. Pola-pola yang dibentuk adalah seperti yang ditunjukkan kutub-kutub X, Y, dan Z, yaitu kutub …

Selembar kaca tipis diletakkan di atas tiga magnet kuat dengan kedudukan seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Serbuk-serbuk besi kemudian ditaburkan pada kaca. Pola-pola yang dibentuk adalah seperti yang ditunjukkan kutub-kutub X, Y, dan Z, yaitu kutub

  1. a

  2. b

  3. c

  4. d

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ujung X adalah kutub selatan, ujung Y adalah kutub utara dan ujung Z adalah kutub selatan. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

ujung X adalah kutub selatan, ujung Y adalah kutub utara dan ujung Z adalah kutub selatan. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Jawab : Dengan menggunakan serbuk besi, kita dapat melihat jejak medan magnetik pada magnet yang disebut garis-garis gaya magnetik dengan sifatnya sebagai berikut. Garis-garis gaya magnetik tidak pernah saling berpotongan. Garis-garis gaya magnetik selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Garis-garis gaya magnetik yang rapat menunjukkan medan magnetik kuat, sedangkan garis-garis gaya magnetik yang renggang menunjukkan medan magnetik lemah. Pola garis-garis gaya magnetik pada kutub sejenis : Pola garis-garis gaya magnetik pada kutub berbeda jenis : Pada soal terlihat garis-garis medan magnet dari ujung X dan Z saling menjahui. Hal ini berarti ujung X dan Z adalah kutub yang sama. Sedangkan garis-garis medan magnet dari ujung X dan Z sama-sama terhubung ke ujung Y. Hal ini berarti kutub ujung Y berbeda dengan kutub ujung X dan Z. Ujung Y adalah kutub utara karena di ujung lainnya pada batang yang sama telah diketahui berkutub selatan. Sehingga dapat disimpulkan ujung Y adalah kutub utara, ujung X dan Z adalah kutub selatan. Jadi ujung X adalah kutub selatan, ujung Y adalah kutub utara dan ujung Z adalah kutub selatan. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

Jawab :

Dengan menggunakan serbuk besi, kita dapat melihat jejak medan magnetik pada magnet yang disebut garis-garis gaya magnetik dengan sifatnya sebagai berikut.

  1. Garis-garis gaya magnetik tidak pernah saling berpotongan.
  2. Garis-garis gaya magnetik selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet.
  3. Garis-garis gaya magnetik yang rapat menunjukkan medan magnetik kuat, sedangkan garis-garis gaya magnetik yang renggang menunjukkan medan magnetik lemah.

Pola garis-garis gaya magnetik pada kutub sejenis :

Pola garis-garis gaya magnetik pada kutub berbeda jenis :

Pada soal terlihat garis-garis medan magnet dari ujung X dan Z  saling menjahui. Hal ini berarti ujung X dan Z adalah kutub yang sama. Sedangkan garis-garis medan magnet dari ujung X dan Z sama-sama terhubung ke ujung Y. Hal ini berarti kutub ujung Y berbeda dengan kutub ujung X dan Z. Ujung Y adalah kutub utara karena di ujung lainnya pada batang yang sama telah diketahui berkutub selatan. Sehingga dapat disimpulkan ujung Y adalah kutub utara, ujung X dan Z adalah kutub selatan.

Jadi ujung X adalah kutub selatan, ujung Y adalah kutub utara dan ujung Z adalah kutub selatan. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

Latihan Bab

Pengantar Kemagnetan 1

Fenomena Kemagnetan

Aplikasi Kemagnetan

Cara Membuat dan Menghilangkan Sifat Magnet

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

733

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Gambar yang menunjukkan arah garis gaya magnet yang benar adalah...

1rb+

2.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia