Roboguru

Selaput inti kota merupakan daerah di luar inti kota karena tidak tertampungnya kegiatan dalam kota, yang mengakibatkan beberapa pola unit kegiatan, yaitu ... Sentralisasi. Nukleasi. Desentralisasi. Segregasi.

Pertanyaan

Selaput inti kota merupakan daerah di luar inti kota karena tidak tertampungnya kegiatan dalam kota, yang mengakibatkan beberapa pola unit kegiatan, yaitu ...

  1. Sentralisasi.
  2. Nukleasi.
  3. Desentralisasi.
  4. Segregasi.space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.space 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.space 

  4. HANYA 4 yang benar.space 

  5. SEMUA pilihan benar.space 

Pembahasan Soal:

Menurut Bintarto, kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosio-ekonomi yang heterogen dan coraknya yang materialistis. Menurut keruangannya, kota dapat dibedakan menjadi 4 (empat) zona, salah satunya adalah selaput inti kota. Selaput inti kota merupakan daerah yang berlokasi di luar inti kota dan terbentuk karena adanya pengembangan inti kota ke arah luar. Perkembangan selaput inti kota dapat membentuk pola-pola unit kegiatan sebagai berikut.

  1. Sentralisasi, yaitu munculnya gejala pengelompokkan kegiatan pada tempat tertentu. Daerah ini pada umumnya merupakan pusar keramaian sehingga dapat menjadi inti selaput kota.
  2. Nukleasi, yaitu pusat daerah kegiatan yang hampir sama dengan sentralisasi namun ukurannya lebih kecil.
  3. Desentralisasi, yaitu gejala pengelompokan yang menjauhi titik pusat sehingga akan menghasilkan inti baru.
  4. Segregasi, yaitu kelompok pemukiman yang terpisah karena perbedaan status sosial, budaya, dan tingkat perekonomian seperti pemukiman kumuh, pemukiman kelas atas/cluster dan rusun.

Dari penjelasan tersebut, maka SEMUA pilihan benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 28 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Perubahan pola keruangan perkotaan di Indonesia dipengaruhi oleh banyaknya sarana hiburan di kota. SEB...

Pembahasan Soal:

Perubahan pola keruangan di kota dipengaruhi oleh bertambahnya penduduk. Penduduk yang semakin banyak dan semakin padat mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap permukiman dan fasilitas-fasilitas umum. Oleh sebab itu, pola ruang kota pun berubah untuk dapat memenuhi kebutuhan penduduknya secara optimal. Dengan demikian, kalimat pernyataan pada soal salah.

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2020 terdapat 56,7% penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah perkotaan, hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat urbanisasi di Indonesia tinggi. Untuk mengimbangi fenomena tersebut, pemerintah Indonesia juga terus menggalakkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas dasar, serta peningkatan sumber daya manusia. Dengan demikian, kalimat alasan pada soal benar.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.space 

0

Roboguru

Interaksi desa-kota merupakan proses yang berkesinambungan dan dapat menghasilkan perubahan struktur keruangan desa-kota. SEBAB Hubungan timbal balik wilayah kota dan desa dapat mendorong kemajuan p...

Pembahasan Soal:

Interaksi desa-kota merupakan hubungan timbal balik yang berkesinambungan dan saling melengkapi antardua wilayah. Interaksi tersebut dapat berdampak pada perubahan struktur keruangan, baik di desa maupun di kota. Dengan adanya interaksi, arus urbanisasi akan mendorong bertambahnya penduduk kota sehingga potensi bertambahnya slum area dapat meningkat. Sementara itu, wilayah desa yang sudah terpengaruh oleh kehidupan kota dapat mengalami perubahan pemanfaatan lahan, dari pertanian menjadi industri dan permukiman. Jadi kedua pernyataan benar dan keduanya memiliki hubungan sebab-akibat.

0

Roboguru

Berikut adalah struktur intern kota di Amerika Serikat … Pusat kegiatan usaha. Grosir dan industri. Zona transisi. Commuter.

Pembahasan Soal:

Menurut Bintarto, kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosio-ekonomi yang heterogen dan coraknya yang materialistis. Struktur kota dapat ditinjau dari dua aspek, yaitu struktur ekonomi kota yang berkaitan dengan pusat kegiatan ekonomi penduduk kota dan struktur intern kota yang berhubungan dengan struktur bangunan dan demografis. Struktur kota dapat dijelaskan dalam beberapa teori. Untuk kota-kota di Amerika Serikat, teori struktur kota yang digunakan adalah teori sektoral.

Teori sektoral adalah teori yang dikemukakan oleh Homer Hoyt pada tahun 1939 berdasarkan risetnya terhadap nilai sewa dari tempat tinggal terhadap 25 kota di Amerika Serikat. Dari hasil penelitiannya menunjukkan bahwa polanya sektor bukan pola konsentris, sebagaimana dikemukakan oleh Burgess pada tahun 1925. Persebaran pola sewa terlihat sejalan dengan sektor- sektor tertentu dengan kekhasan tertentu. Adapun pola persebaran teori sektoral adalah sebagai berikut.

  • Zona 1 Daerah pusat kegiatan.
  • Zona 2 Daerah grosir dan industri.
  • Zona 3 Permukiman kelas rendah.
  • Zona 4 Permukiman kelas menengah atau zona transisi.
  • Zona 5 Permukiman kelas atas.

Dari penjelasan tersebut, maka nomor 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Pola interaksi interwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi menunjukkan perbedaan keruangan akibat variasi ....

Pembahasan Soal:

Pola interkasi antar wilayah dapat dilihat berdasarkan seberapa besar kekuatan interaksi antarwilayah. Kekuatan interaksi antarwilayah menurut W. J. Reilly dan Carrothers dipengaruhi oleh faktor jumlah penduduk dan jarak antarwilayah. Jakarta sebagai pusat kota saling berinteraksi dengan wilayah-wilayah di sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Hukum gravitasi yang dikaitkan dengan masalah interaksi didasarkan pada pendapat…

Pembahasan Soal:

Teori gravitasi pertama kali dicetuskan oleh Sir Issac Newton pada tahun 1687. Teori ini menjelaskan bahwa dua benda yang mempunyai massa tertentu akan memiliki gaya tarik menarik antara keduanya yang dikenal sebagai gaya gravitasi. Teori gravitasi Newton tersebut kemudian diterapkan dalam bidang geografi untuk mengukur kekuatan interaksi keruangan anatara dua wilayah atau lebih oleh W.J. Reilly (1929) yang berpendapat bahwa kekuatan interaksi antara dua wilayah atau lebih dapat diukur dengan memperhatikan jumlah penduduk masing-masing wilayah, serta jarak mutlak antara wilayah-wilayah tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved