Roboguru

Selain spora aseksual, jamur juga membentuk spora ...

Selain spora aseksual, jamur juga membentuk spora seksual dalam perkembangannya. Spora besar berdinding tebal yang terbentuk saat terjadi peleburan dua ujung hifa yang secara seksual serasi disebut ....

Jawaban:

Selain reproduksi spora aseksual, jamur juga masih mempunyai sistem reproduksi yang lain yakni sistem reproduksi seksual.

Berikut ini adalah macam–macam reproduksi seksual pada jamur, antara lain:

  1. Askospora bersel satu dan dan terbentuk di dalam suatu struktur kantung yang dinamakan askus. Biasanya terdapat delapan askospora pada setiap askus.
  2. Badiospora merupakan spora seksual bersel satu yang terbentuk di atas struktur berbentuk gada yang dinamakan basidium.
  3. Zigosora merupakan spora besar berdinding tebal, terbentuk dari ujung - ujung dua hifa yang serasi secara seksual melebur, yang dinamakan gametangia.
  4. Oospora adalah spora yang terbentuk di dalam struktur gamet betina khusus yang disebut oogonium. Kemudian gamet betina khusus ini mengalami pembuahan telur atau oosfer oleh gamet jantan yang terbentuk dalam anteridium menghasilkan oospora. Dalam setiap oogonium bisa ada satu atau beberapa oosfer.  

Jadi, spora besar berdinding tebal yang terbentuk saat terjadi peleburan dua ujung hifa yang secara seksual serasi disebut Zigospora.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved