Pertanyaan

Selain radiografi sinar-X, gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan sebuah logam. Jelaskan, bagaimana cara kerja detektor ultrasonik!

Selain radiografi sinar-X, gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan sebuah logam. Jelaskan, bagaimana cara kerja detektor ultrasonik!

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara kerja detektor ultrasonik adalah dengan memanfaatkan sifat pemantulan gelombang.

cara kerja detektor ultrasonik adalah dengan memanfaatkan sifat pemantulan gelombang.

Pembahasan

Detektor ultrasonik adalah alatdengan memanfaatkan rambatan dari gelombang suara yang dihasilkan oleh transduser, kemudian receiver akan menerima gelombang yang dipantulkan dari benda yang sedang diuji. Gelombang yang diterima tersebut kemudian akan dilakukan pengukuran pada intensitasnya, maka akan muncul masa perambatan atau resonansi, sehingga alat akan melakukan pengukuran pada perbedaan gelombang yang sudah diterima dan juga masa pada perambatannya. Prinsip dasar detektor adalah dengan merambatkan gelombang suara menuju objek yang diuji, kemudian gelombang akan terpantulkan kembali sesaat setelah mencapai objek yang diuji. Kemudian hasil dari pantulan tersebut akan dilakukan analisa untuk mendeteksi jika terdapat cacat atau kerusakan pada objek yang diuji tadi. Apabila benda yang diuji memang memiliki cacat atau kerusakan, maka gelombang yang awal dipantulkan tidak akan sama dengan gelombang yang diterima dari objek. Dengan demikian, cara kerja detektor ultrasonik adalah dengan memanfaatkan sifat pemantulan gelombang.

Detektor ultrasonik adalah alat dengan memanfaatkan rambatan dari gelombang suara yang dihasilkan oleh transduser, kemudian receiver akan menerima gelombang yang dipantulkan dari benda yang sedang diuji. Gelombang yang diterima tersebut kemudian akan dilakukan pengukuran pada intensitasnya, maka akan muncul masa perambatan atau resonansi, sehingga alat akan melakukan pengukuran pada perbedaan gelombang yang sudah diterima dan juga masa pada perambatannya.

Prinsip dasar detektor adalah dengan merambatkan gelombang suara menuju objek yang diuji, kemudian gelombang akan terpantulkan kembali sesaat setelah mencapai objek yang diuji. Kemudian hasil dari pantulan tersebut akan dilakukan analisa untuk mendeteksi jika terdapat cacat atau kerusakan pada objek yang diuji tadi. Apabila benda yang diuji memang memiliki cacat atau kerusakan, maka gelombang yang awal dipantulkan tidak akan sama dengan gelombang yang diterima dari objek.

Dengan demikian, cara kerja detektor ultrasonik adalah dengan memanfaatkan sifat pemantulan gelombang.

433

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan pemanfaatan pantulan bunyi dalam hal-hal berikut : c. Survei geofisika

139

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia