Roboguru

Selain oksigen, di dalam udara juga terdapat gas-gas lain. Apakah yang terjadi dengan gas-gas tersebut pada saat kita menghirup napas ?

Selain oksigen, di dalam udara juga terdapat gas-gas lain. Apakah yang terjadi dengan gas-gas tersebut pada saat kita menghirup napas ? 

Jawaban:

Pernafasan merupakan salah satu aktivitas vital yang terjadi pada tubuh dengan aktivitas menyalurkan oksigen dari luar tubuh ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari seluruh tubuh ke luar tubuh. Proses pernapasan terjadi diawali dengan  udara akan masuk melalui mulut atau hidung saat inspirasi. Kemudian, udara akan masuk ke trakea kemudian ke bronkus. Batang bronkus yang ada di paru-paru terpecah menjadi beberapa cabang. Tiap cabang terhubung dengan gelembung-gelembung udara atau alveolus. Di dalam alveolus ini terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Udara yang kita hirup tidak hanya mengandung oksigen saja melainkan mengandung gas lain seperti nitrogen, karbondioksida dan belerang. Namun, hanya oksigen saja yang dapat diikat oleh hemoglobin di dalam darah. Proses ini terjadi di dalam alvelous. Sementara itu, gas selain oksigen akan kembali keluar bersama karbondioksida yang dilepas dari dalam tubuh.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved