Roboguru

Selain hidup di darat, beberapa hewan Mammalia hidup di air. Bagaimana cara hewan Mammalia tersebut mendapatkan oksigen?

Selain hidup di darat, beberapa hewan Mammalia hidup di air. Bagaimana cara hewan Mammalia tersebut mendapatkan oksigen? 

Jawaban:

Mammalia air merupakan mammalia yang bergantung pada samudra untuk bertahan hidup. Tingkat kebergantungan pada lingkungan laut berbeda pada masing-masing spesies. Contohnya, lumba-lumba dan paus sepenuhnya bergantung pada laut selama hidupnya, sementara anjing laut mendapatkan makanan di samudra, namun berkembang biak di darat. Mammalia air sama seperti mammalia darat, yaitu bernapas menggunakan paru-paru. Untuk mendapatkan oksigen, mammalia air akan muncul ke permukaan air laut dan menghirup oksigen. Contohnya paus, setiap saat paus muncul ke permukaan air untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya sampai paru-parunya penuh, yaitu sekitar 3.350 liter. Setelah itu, paus akan menyelam kembali ke dalam air. Dengan udara sebanyak itu, paus mampu bertahan selama kurang lebih setengah jam di dalam air. Pada saat muncul kembali di permukaan air, hasil oksidasi biologi dihembuskan melalui lubang hidung, seperti pancaran air mancur. Sisa oksidasi ini berupa karbon dioksida yang jenuh dengan uap air yang telah mengalami pengembunan (kondensasi). 
 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved