Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sel penyusun jaringan Ikat pada hewan adalah …

Sel penyusun jaringan Ikat pada hewan adalah … 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Jaringan pengikat atau penyokong merupakan jaringan yang mempunyai serabut untuk menyokong sel-sel pada jaringan tersebut. Fungsi jaringan ini adalah untuk menyokong jaringan tubuh lain dan menyelubungi organ-organ yang lemah. Macam-macam jaringan penyokong yaitu jaringan lema, jaringan pengikat longgar, jaringan pengikat serabut padat, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, jaringan darah dan jaringan limfa. Jaringan lemak (adiposa) terususun atas sel-sel lemak yang berbentuk poligon atau bulat dengan dinding sel yang tipis. Jaringan pengikat longgar tersusun atas serabut kolagen dan serabut elastin. Jaringan pengikat serabut padat tersusun atas jaringan serabut putih (kolagen) yang fleksibel tetapi tidak elastis. Jaringan tulang (osteon) terususn atas substansi mineral disimpan dalam matriks tulang yang membentuk lapisan tipis disebut lamella. Lamella tersusun konsentris mengelilingi saluran havers, yaitu saluran yang memanjang yang saking berhubungan membentuk sistem havers. Jaringan tulang rawan memiliki banyak matriks, bersifat elastis dan padat oleh sel-sel tulang rawan. Jaringan darah tersusun atas plasma darah dan sel darah. Sel darah mengandung eritrosit, leukosit dan terombosit. Jaringan limfa tersusun atas air, glukosa, lemak dan garam. Komponen selulernya berupa limfosit serta granulosit yang berperan dalam sistem imun.

Jaringan pengikat atau penyokong merupakan jaringan yang mempunyai serabut untuk menyokong sel-sel pada jaringan tersebut. Fungsi jaringan ini adalah untuk menyokong jaringan tubuh lain dan menyelubungi organ-organ yang lemah. Macam-macam jaringan penyokong yaitu jaringan lema, jaringan pengikat longgar, jaringan pengikat serabut padat, jaringan tulang, jaringan tulang rawan, jaringan darah dan jaringan limfa.
Jaringan lemak (adiposa) terususun atas sel-sel lemak yang berbentuk poligon atau bulat dengan dinding sel yang tipis. Jaringan pengikat longgar tersusun atas serabut kolagen dan serabut elastin. Jaringan pengikat serabut padat tersusun atas jaringan serabut putih (kolagen) yang fleksibel tetapi tidak elastis. Jaringan tulang (osteon) terususn atas substansi mineral disimpan dalam matriks tulang yang membentuk lapisan tipis disebut lamella. Lamella tersusun konsentris mengelilingi saluran havers, yaitu saluran yang memanjang yang saking berhubungan membentuk sistem havers. Jaringan tulang rawan memiliki banyak matriks, bersifat elastis dan padat oleh sel-sel tulang rawan. Jaringan darah tersusun atas plasma darah dan sel darah. Sel darah mengandung eritrosit, leukosit dan terombosit. Jaringan limfa tersusun atas air, glukosa, lemak dan garam. Komponen selulernya berupa limfosit serta granulosit yang berperan dalam sistem imun.undefined 

Latihan Bab

Jaringan Epitel

Jaringan Ikat

Jaringan Saraf

Organ dan Sistem Organ

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah ciri-ciri dari sel serabut dan zat dasar dalam jaringan hewan ?

60

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia