Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sekolah merupakan salah satu agen sosisaliasi. Tuliskan hal apa saja yang disosialisasikan dari sekolah dan apa hambatan serta tantangannya?

Sekolah merupakan salah satu agen sosisaliasi. Tuliskan hal apa saja yang disosialisasikan dari sekolah dan apa hambatan serta tantangannya? 

  1. ... undefined

  2. ... undefined

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Poin pada soal adalah peran sosialisasi disekolah pada seorang individu. Dalam proses sosialisasi adalah sebuah proses dimana seorang indvidu mempelajari nilai dan norma yang ada dalam masyarakat, sehingga akan membentuk kepribadian dalam diri individu untuk bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Dalam sosialisasi seorang individu melewati thapan-tahapan sosialiasai setelah sosialisasi primer individu mulai masuk pada tahap sosialisasi sekunder yaitu sosialisasi diluar keluarga, dimana menunjukan bahwa seorang individu membutuhkan tempat untuk berinteraksi selain dikeluarga. salah satu sosialisasi sekunder yaitu lingkungan sekolah. Sekolah sebagai agen sosialisasi memiliki tujuan membentuk pola pikir dan perilaku secara luas. Dalam hal ini i ndividu akan diberi kemampuan berpikir, bekal ilmu pengetahuan, dan kemampuan untuk hidup dalam suasana sosial yang lebih luas. Sebagai agen sosialisasi sekolah memiliki dua fungsi penting, yaitu: Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan daya intelektual, agar siswa dapat hidup layak dalam masyarakat. Membentuk kepribadian siswa agar sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada di dalam masyarakat. Hambatan dan tantangan sekolah sebagai agen sosialisasi yaitu, p embentukan moral dan karakter pada siswa dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, maupun budaya agar dapat berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat tentu tidaklah mudah.

Poin pada soal adalah peran sosialisasi disekolah pada seorang individu. 

Dalam proses sosialisasi adalah sebuah proses dimana seorang indvidu mempelajari nilai dan norma yang ada dalam masyarakat, sehingga akan membentuk kepribadian dalam diri individu untuk bertindak dan berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Dalam sosialisasi seorang individu melewati thapan-tahapan sosialiasai setelah sosialisasi primer individu mulai masuk pada tahap sosialisasi sekunder yaitu sosialisasi diluar keluarga, dimana menunjukan bahwa seorang individu membutuhkan tempat untuk berinteraksi selain dikeluarga. salah satu sosialisasi sekunder yaitu lingkungan sekolah.

Sekolah sebagai agen sosialisasi memiliki tujuan membentuk pola pikir dan perilaku secara luas. Dalam hal ini individu akan diberi kemampuan berpikir, bekal ilmu pengetahuan, dan kemampuan untuk hidup dalam suasana sosial yang lebih luas.
Sebagai agen sosialisasi sekolah memiliki dua fungsi penting, yaitu:

  1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan daya intelektual, agar siswa dapat hidup layak dalam masyarakat.
  2. Membentuk kepribadian siswa agar sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada di dalam masyarakat.

Hambatan dan tantangan sekolah sebagai agen sosialisasi yaitu, pembentukan moral dan karakter pada siswa dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, maupun budaya agar dapat berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat  tentu tidaklah mudah.  undefined

Latihan Bab

Nilai Sosial di Masyarakat

Tingkatan Norma Sosial di Masyarakat

Jenis Norma Sosial di Masyarakat

Keteraturan Sosial

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh sosialisasi yang dilakukan oleh lingkungan sekolah adalah …

67

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia