Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sekolah kejuruan merupakan bagian penting dalam upaya menghasilkan tenaga kerja terampil. Menurutmu apakah sekolah kejuruan perlu diperbanyak? Apa saja keterampilan yang bisa di peroleh dengan sekolah di sekolah kejuruan?

Sekolah kejuruan merupakan bagian penting dalam upaya menghasilkan tenaga kerja terampil. Menurutmu apakah sekolah kejuruan perlu diperbanyak? Apa saja keterampilan yang bisa di peroleh dengan sekolah di sekolah kejuruan? space space space space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sekolah kejuruan merupakan sekolah tingkat menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga profesional di dunia kerja. Saat ini terdapat 14.247 sekolah kejuruan di Indonesia, jumlah ini sudah cukup banyak. Namun lulusan dari sekolah kejuruan belum mampu terserap secara maksimal di dunia kerja. Oleh sebab itu, jumlah sekolah kejuruan tidak perlu diperbanyak. Permasalahan yang berkaitan dengan sekolah kejuruan lebih berkaitan dengan kualitas lulusannya, yaitu adanya kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Peningkatan kualitas ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan memberikan program magang kepada peserta didik agar memiliki pengalaman secara langsung di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Keterampilan yang dapat diperoleh dengan sekolah di sekolah kejuruan misalnya di bidang informatika, ekonomi, bisnis, otomotif, maritimdan masih banyak lagi.

Sekolah kejuruan merupakan sekolah tingkat menengah yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga profesional di dunia kerja. Saat ini terdapat 14.247 sekolah kejuruan di Indonesia, jumlah ini sudah cukup banyak. Namun lulusan dari sekolah kejuruan belum mampu terserap secara maksimal di dunia kerja. Oleh sebab itu, jumlah sekolah kejuruan tidak perlu diperbanyak.

Permasalahan yang berkaitan dengan sekolah kejuruan lebih berkaitan dengan kualitas lulusannya, yaitu adanya kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Peningkatan kualitas ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan memberikan program magang kepada peserta didik agar memiliki pengalaman secara langsung di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Keterampilan yang dapat diperoleh dengan sekolah di sekolah kejuruan misalnya di bidang informatika, ekonomi, bisnis, otomotif, maritim dan masih banyak lagi. spacespace space space space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan upaya pemerintah meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui peningkatan kualitas kesehatan masyarakat!

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia