Roboguru

Sekelompok siswa mendapat tugas melakukan penelitian tentang mata pencaharian penduduk Desa Tanjung. Analisis geografi yang tepat digunakan ialah pendekatan...

Pertanyaan

Sekelompok siswa mendapat tugas melakukan penelitian tentang mata pencaharian penduduk Desa Tanjung. Analisis geografi yang tepat digunakan ialah pendekatan...space

  1. topikspace

  2. ekologispace

  3. kronologispace

  4. aktivitas manusiaspace

  5. keruanganspace

Pembahasan Soal:

Analisis geografi dengan pendekatan aktivitas manusia dapat ditinjau dari penyebaran, interelasinya, dan deskripsi gejala-gejalanya yang berkaitan dengan aktivitas manusia. Penelitian tentang mata pencaharian penduduk Desa Tanjung dilakukan dengan pendekatan aktivitas manusia karena mata pencaharia merupakan salah satu aktivitas manusia. Bila ditinjau dari persebaran untuk aktivitas manusia, dapat belangsung di berbagai tempat seperti daerah pegunungan, dataran rendah, pantai, atau lokasi mata pencarian lainnya. Bila dikaji dengan interelasi maka mata pencarian dapat berkaitan dengan kesuburan tanah, hidrologi, ketinggian tempat, kondisi aksesibilitas, maupun faktor lainnya. Sehinngga dengan dengan mengkaji penyebaran dan interelasi aktivitas manusia berupa dapat di deskripsikan berupa mata pencarian.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Desti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 10 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Simaklab gambar berikut ini! jelaskan pendekatan analisis geografi yang tepat untuk penelitian yang berkaitan dengan aktivitas seperti pada gambar tersebut!

Pembahasan Soal:

Suatu ruang yang merupakan satu kesatuan dapat dikatakan sebagai sistem keruangan. Suatu ruang geografi dengan segala komponen atau subsistemnya membentuk sistem keruangan. Sistem itu memiliki pengertian konotatif yang luas. Konsep sistem ini dapat diterapkan pada serangkaian gejala, alat dan yang lainnya. Kriteria utama suatu sistem, yakni komponen atau subsistem yang membentuk sistem tersebut harus membentuk rangkaian atau kesatuan yang tidak terpisahkan. Doktrin ekspansionisme adalah cara meninjau benda atau hal sebagai bagian dari keseluruhan yang besar. Pendekatan dan penelaahan gejala utama dengan subsistemnya, ditinjau sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Sebagai contoh, penelaahan atas suatu jenis pertanian yang ditetapkan sebagai sebuah sistem. Jika pertanian ditetapkan sebagai sistem, gejala yang bersangkutan dianggap sebagai subsistemnya, misalnya tanah dengan tingkat kesuburannya. Pendekatan sistem seperti di atas dapat diterapkan pada sistem keruangan industri atau pertanian. 

0

Roboguru

Mengapa diterapkan sudut pandang kewilayahan dalam penelitian geografi?

Pembahasan Soal:

Mengapa diterapkan pendekatan keruangan dan kewilayahan, karena dengan pendekatan ini kita dapat mengamati karakteristik fisik maupun sosial dari fenomena yang terjadi dipermukaan bumi yang berbeda antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Selain itu dengan pendekatan ini kita dapat mengkaji suatu fenomena secara detail dan rinci.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Pendekatan analisis studi geografi yang tepat digunakan dalam penelitian di daerah seperti tampak dalam gambar di atas ialah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Hadi Sabari Yunus, (2010: 44) pendekatan keruangan adalah suatu metode untuk memahami gejala tertentu agar mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam melalui media ruang yang dalam hal ini variabel ruang mendapat posisi utama dalam setiap analisis. Ada sembilan tema dalam analisis keruangan yaitu:

  1. Analisis pola keruangan
    Menganalisis distribusi unsur-unsur pembentuk ruang.
  2. Analisis struktur keruangan
    Fokus utama pada analisis susunan unsur-unsur penyusun ruang. Unsur penyusun ruang dibagi menjadi 2, yakni gejala fisik dan gejala sosial. 
  3. Analisis proses keruangan
    Berfokus pada perubahan dan perkembangan suatu area dari waktu ke waktu. baik dianalisis secara kuantitatif ataupun kualitatif. Dimensi temporal memiliki peran utama disini. 
  4. Analisis interaksi keruangan
    Berfokus pada adanya hubungan atau interaksi antara dua area atau lebih. 
  5. Analisis sistem keruangan
    Fokus utama mencari tahu kedudukan tunggal suatu unit penyusun ruang secara rinci. serta mencari keterkaitan antar unsur. 
  6. Analisis asosiasi keruangan
    Fokus utama menguraikan korelasi satu objek dengan objek lain dalam suatu area. Apa ada korelasi positif atau negatif antar satu variabel dengan variabel yang lain
  7. Analisis komparasi keruangan
    fokus utama pada komparasi anatara 2 area yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  8. Analisis kecenderungan keruangan
    fokus utama pada tendensi yang terjadi di suatu area baik gejala fisik maupun non fisik. 
  9. Analisis sinergisme keruangan
    inovasi pendekatan yang sekarang dan menjadi primadona di IPTEK saat ini. majunya IPTEK membuat analisis ini bisa menjadi sangat berperan dalam proses Geografi yang menjadi kardinal. Contoh analisis ini adalah JABODETABEK, GERBANGKERTASUSILA, JOGLOSEMAR. dan banyak lainnya. sayangnya karena tidak ada keseriusan dari pemerintah maka konsep pembangunan ini menjadi kabur dan memudar lalu hilang dengan sendirinya.

Gambar diatas menunjukkan suatu kawasan industri yang merupakan fenomena aglomerasi industri. fenomena aglomerasi industri termasuk suatu fenomena atau gejala sosial. Gejala sosial bersama gejala fisik merupakan unsur pembentuk struktur keruangan. Jadi gambar tersebut akan tepat jika dikaji dengan pendekatan keruangan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini. Penilitian ingin memahami interaksi sosial. Ingin meneliti perilaku masyarakat dalam buang sampah. Peneliti yang tepat dilakukan untuk mengkaji kondisi tersebu...

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi merupakan kegiatan ilmiah berfungsi menemukenali masalah terkait fenomena geosfer. Penelitian geografi dibedakan menjadi tiga yaitu berdasarkan tujuan, berdasarkan metode pelaksanaannya, dan berdasarkan metode penelitiannya.
Penelitian geografi berdasarkan tujuannya

  1. Penelitian eksploratif, merupakan penelitian bertujuan untuk mendalami atau mengembangkan dasar pengetahuan mengenai suatu fenomena geosfer yang bersifat baru. 
  2. Penelitian deskriptif, merupakan penelitian bertujuan menjelaskan fenomena geosfer dalam bentuk deskripsi, sperti gambar, sistematika. 
  3. Penelitian eksplanatif, merupakan sebuah penelitian untuk menemukan penyebab suatu fenomena geosfer berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan.

Penelitian geografi berdasarkan metode pelaksanaanya

  1. Penelitian studi kasus, merupakan penelitian yang dilakukan dengan studi lapangan dan wawancara.
  2. Penelitian survei, merupakan penelitian untuk menguji kebenaran suatu hipotesis.
  3. Penelitian eksperimen, merupakan penelitian yang dilakukan untuk megetahui satu variabel terhadap variabel lain.

Penelitian geografi berdasarkan metode penelitiannya

  1. Penelitian kualitatif, merupakan penelitian yang digunakan untuk mengetahui permasalahan sesuai fakta. Penelitian kualitatif lebih cenderung digunakan penelitian yang bersifat deskriptif.
  2. Penelitian kuantitatif, merupakan digunakan untuk mendapat data yang lebih akurat. Metode kuantitatif cenderung digunakan penelitian yang bersifat eksploratif.

Untuk mengetahui perilaku masyarakat dalam membuang sampah diperlukan serangkaian proses wawancara sehingga dapat diketahui faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap perilaku masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri penlitian berikut ini dengan cermat! Penelitian dilakukan secara wajar dalam latar sosial  yang alamiah. Penlitian sendiri merupakan alat pengumpul data yang utama. Sangat ka...

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri di atas merupakan ciri- ciri dari penelitian kualitatif.  Penelitian kualitatif adalah peneltian yang bersifat deskriptif menggunakan analisis induktif, proses menjadi nilai utama dalam penelitian dan landasan teori digunakan sebagai penunjuk dalam penelitian. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved