Roboguru

Sekelompok masa melakukan tindakan pemukulan terha...

Sekelompok masa melakukan tindakan pemukulan terhadap seorang yang disangka melakukan pencurian disebuah rumah. Dilihat dari pelakunya, tindakan tersebut merupakan bentuk pengendalian …
 

  1. lisan
     

  2. simbolik
     

  3. institusi
     

  4. persuasi
     

  5. noninstitusi

Jawaban:

Roucek menyatakan bahwa pengendalian sosial bisa diterapkan melalui instansi/institusi atau non institusi, simbolik, secara lisan, sampai dengan memberikan sanksi.
Sekelompok masa yang melakukan tindak pemukulan terhadap orang yang disangka melakukan pencurian adalah bentuk dari pengendalian non institusi (opsi E). Pengendalian non institusi adalah cara pengendalian sosial yang dilakukan oleh individu atau kelompok di luar institusi yang ada. Cara pengendalian ini bersifat ilegal dan sering kali menimbulkan masalah baru misalnya dengan menggunakan kekerasan. Sebaliknya, pengendalian sosial institusi adalah pengendalian sosial melalui pemberdayaan lembaga sosial yang terdapat dalam lingkungan masyarakat. Misalnya saja seperti lembaga hukum, agama, pendidikan, keluarga, ekonomi, dan lain-lain.
Pengendalian sosial melalui lisan diterapkan dengan cara mengajak, menasihati, dan menghimbau sehingga bersifat persuasif. Begitu pula dengan simbolik yang juga bersifat persuasif hanya saja simbolik menekankan pada simbol-simbol berupa tulisan, poster, dan pamflet.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved