RoboguruRoboguru
SD

Sejumlah oknum polisi terbukti melanggar disiplin dan melakukan pelanggaran berat ketika melaksanakan tugasnya sehingga ia diberhentikan secara tidak hormat. Oknum polisi tersebut mengalami mobilitas sosial berupa ...

Pertanyaan

Sejumlah oknum polisi terbukti melanggar disiplin dan melakukan pelanggaran berat ketika melaksanakan tugasnya sehingga ia diberhentikan secara tidak hormat. Oknum polisi tersebut mengalami mobilitas sosial berupa ...

  1. demografis horizontal

  2. antargenerasi naik

  3. social sinking

  4. social climbing

  5. mutasi teritorial

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah C.

Mobilitas sosial adalah pergerakan seseorang dalam kehidupan masyarakat yang bisa menyebabkan perubahan. Mobilitas sosial bisa terjadi setiap saat, karena kehidupan masyarakat tergolong dinamis. Menurut Indera Ratna Irawati Pattinasarany dalam buku Stratifikasi dan Mobilitas Sosial (2016), mobilitas sosial merupakan perubahan status atau posisi sosial seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat. Bentuk-bentuk mobilitas sosial yaitu :

Mobilitas sosial vertikal Terjadi karena adanya perubahan kedudukan sosial dalam posisi yang tidak sederajat. Jenis mobilitas ini dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Social sinking atau gerak mobilitas sosial ke bawah Adanya perubahan kedudukan sosial dari kedudukan tinggi ke yang lebih rendah. Contohnya pegawai kantor yang melakukan korupsi, lalu dipecat.
  2. Social climbing atau gerak mobilitas sosial ke atas Adanya perubahan kedudukan sosial dari posisi rendah ke posisi tinggi. Contohnya seorang warga biasa diangkat menjadi ketua RT.

Berdasarkan contoh kasus pada soal, diturunkannya jabatan oknum anggota kepolisian akibat pelanggaran yang dilakukannya dapat diidentifikasi sebagai fenomena mobilitas sosial vertikal turun, atau yang dapatt dikenal sebagai social sinking.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

697

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Uraikan dua bentuk mobilitas sosial menurun !

148

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia