Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sejumlah mahasiswa dari suatu Universitas melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih terus eksis dipertahankan oleh masyarakat adat di daerah tersebut. Berdasarkan tempat berlangsungya, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa masuk kedalam jenis penelitian ...

Sejumlah mahasiswa dari suatu Universitas melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji tentang makna-makna simbolik yang masih terus eksis dipertahankan oleh masyarakat adat di daerah tersebut. Berdasarkan tempat berlangsungya, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa masuk kedalam jenis penelitian ...

  1. historis

  2. pustaka

  3. evaluasi

  4. rekayasa

  5. lapangan

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bila dilihat dari latar tempatnya, penelitian sosiologi bisa dibedakan menjadi tiga: penelitianlapangan, penelitian laboratorium, dan penelitian pustaka. Di soal ini dijelaskan bahwa peneliti melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji makna-makna simbolik yang masih eksis pada masyarakat adat tersebut. Ini berarti penelitian ini berjenis penelitian lapangan . Penelitian lapangan ( field research )bermakna bahwa suatu penelitian yang dilakukan pada suatu tempat di mana responden atau objek penelitianberada ( lapangan). Adapun penjelasan lain dari jenis penelitian berdasarkan tempatnya, yaitu: Penelitian laboratorium ( laboratory research ) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam laboratorium, yaitu suatu tempat yang dilengkapi perangkat khusus untuk melakukan penyelidikan terhadap gejala tertentu melalui tes-tes atau uji yang juga dilakukan untuk menyusun karya ilmiah. Penelitian pustaka ( library research ) Suatu penelitian yang yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku, majalah ilmiah, kisah-kisah sejarah, dokumen- dokumen maupun materi perpustakaan lainnyayang dapat dijadikan rujukan dalam penulisan ilmiah.

Bila dilihat dari latar tempatnya, penelitian sosiologi bisa dibedakan menjadi tiga: penelitian lapangan, penelitian laboratorium, dan penelitian pustaka.

Di soal ini dijelaskan bahwa peneliti melakukan penelitian di Pampang (kampung Dayak) untuk mengkaji makna-makna simbolik yang masih eksis pada masyarakat adat tersebut. Ini berarti penelitian ini berjenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan (field research) bermakna bahwa suatu penelitian yang dilakukan pada suatu tempat di mana responden atau objek penelitian berada (lapangan).

Adapun penjelasan lain dari jenis penelitian berdasarkan tempatnya, yaitu:

  • Penelitian laboratorium (laboratory research) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam laboratorium, yaitu suatu tempat yang dilengkapi perangkat khusus untuk melakukan penyelidikan terhadap gejala tertentu melalui tes-tes atau uji yang juga dilakukan untuk menyusun karya ilmiah.
  • Penelitian pustaka (library research) Suatu penelitian yang yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimun dan menganalisis  data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku, majalah ilmiah, kisah-kisah sejarah, dokumen- dokumen maupun materi perpustakaan lainnyayang dapat dijadikan rujukan dalam penulisan ilmiah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Secara umum, metode yang digunakan sosiologi adalah...

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia